• News
  • Ujian itu Wasilah Untuk Belajar

Ujian itu Wasilah Untuk Belajar

  • Jumat, 11 November 2022
  • 45 views
Ujian itu Wasilah Untuk Belajar

Red/Rep: Ratnadila

Taujihat Pembuatan Soal Ujian Akhir Semester merupakan salah satu program sunnah yang dilaksanakan oleh Panitia Ujian setiap tahunnya, juga merupakan salah satu persiapan menjelang Ujian Semester di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash.

Taujihat Pembuatan Soal Ujian Pertengahan Tahun yang dilaksanakan oleh Ust. Ikmal Maulana Akbar, S.Sos., selaku Ketua Panitia Ujian Pertengahan Tahun 2022 ini dibuka langsung oleh al-Ustadz Diding Mujahidin, MA., selaku Bapak. Direktur TMI sekaligus sebagai pemateri dan al-Ustadz Drs. Adnan yang memberikan arahan pembuatan soal ujian untuk mata pelajaran umum, Kamis (10/11/2022) pukul 20.00 sampai dengan selesai.

“Adanya taujihat ini adalah sebagai pengingat. Ujian itu adalah bahan evaluasi agar mengetahui kemampuan diri. Ujian itu wasilah untuk belajar. Bukan belajar untuk ujian, tetapi ujian untuk belajar.” Ujar Bapak. Direktur TMI Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash.

Adapun syarat-syarat pembuatan soal ujian yang disampaikan langsung oleh al-Ustadz Diding Mujahidin, MA., :

  1. Perintahnya harus mudah dipahami dan jelas.
  2. Harus sesuai dengan standar kemampuan siswa.
  3. Harus layak sesuai dengan pengetahuan siswa.
  4. Harus terbatas dengan materi yang sudah disampaikan.
  5. Harus menyeluruh.
  6. Materi soal harus sesuai dengan indikator.

“Ini adalah sebagai pengingat. Sudah menjadi kelumrahan bahwa untuk membuat soal harus ada masukan-masukan sebagai pengingat. Terdapat tiga ranah yang harus ada dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) yaitu Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik.” Lanjut al-Ustadz Drs. Adnan ..

Pada Taujihat Pembuatan Soal Ujian ini diikuti oleh seluruh dewan guru Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash yang bertempatkan di Kantor TMI Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash.