• News
  • Siswa/i Akhir TMI Jalani Ujian Gelombang I

Siswa/i Akhir TMI Jalani Ujian Gelombang I

  • Senin, 14 November 2022
  • 72 views
Siswa/i Akhir TMI Jalani Ujian Gelombang I

Al-Ikhlash, Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash gelar Ujian Gelombang Pertama bagi Siswa/i Akhir TMI (Tarbiyatul Mu`allimin Al-Islamiyah). Ujian Gelombang Pertama ini resmi dibuka pada Senin, 14 November 2022. Dalam pembukaan Ujian Gelombang ini dihadiri langsung oleh Bapak Direktur TMI Al-Ustadz Diding Mujahidin, M.A dan Ustadz yang menjadi pengawas pada Ujian Gelombang ini yang bertempat di Gedung Pertemuan Al-Ikhlash.

Pada pukul 07.00 WIB para Siswa/i Akhir TMI berbondong-bondong memasuki Gedung Pertemuan untuk mendengarkan pesan dan nasehat dari Bapak Direktur TMI yang akan membuka secara langsung pembukaan Ujian Gelombang Pertama ini.

Dalam nasehatnya beliau mengatakan “Tidak terasa waktu berjalan kalian sudah masuk pada Ujian Gelombang, kenapa ujian harus dilaksanakan? Karna supaya kita tau sejauh mana kalian memahami pelajaran, paham atau tidaknya dalam memahami pelajaran. pertama ujian merupakan pendidikan untuk bersikap teliti dan tidak terburu-buru, pahami pertanyaannya dan lihat perintahnya”.

Beliau juga menambahkan “Kedua ujian itu mendidik untuk tepat waktu, ini penting karna kalian harus bisa membagi waktu kapan untuk belajar dan kapan untuk beristirahat. Ketiga ujian itu mendidik kalian untuk memahami pentingnya belajar, niatkan ujian untuk sarana belajar, memahami materi pelajaran. Yang keempat ujian itu sebagai ladang untuk belomba-lomba dalam kebaikan. Kelima ujian itu untuk memotivasi diri, mengembangkan diri. Kemudian yang kelima ujian itu sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT, harus seimbang antara belajar dan berdoa”.

Setelah mendengarkan nasehat Bapak Direktur TMI Siswa/i Akhir TMI mulai bergegas untuk melaksanakan ujian. Dan Ustadz yang menjadi pengawas mulai membagikan soal kepada para peserta ujian.

Peserta ujian gelombang ini diikuti oleh seluruh siswa/i akhir TMI dengan jumlah 53 siswa/i diantaranya 16 siswi dan 37 siswa. Kemudian ujian gelombang pertama ini dilaksanakan selama 9 hari mulai dari Senin-Rabu, 14-23 November 2022. Jumlah materi yang diujikan dalam ujian gelombang pertama adalah sebanyak 18 materi, dengan 2 materi yang diujikan setiap harinya.

Adapun materi yang diujikan dalam ujian gelombang pertama ini dari pelajaran kelas I-V, pelajaran-pelajaran yang diujikan ialah (Berhitung, Tarikh Islam, Dinul Islam, Fathul Munjid, Al-Adyan, Tarjamah, Ilmu Shorf, PPKN, Mahhfudzot, Akuntansi, Ilmu Faroid, Geografi, Sosiologi, Sejarah Umum, Tamrin Lughoh, Al-Imla, Dictation dan Al-Khot).