• News
  • Pesan dan Nasihat Ajari Santri Etika Jelang Liburan

Pesan dan Nasihat Ajari Santri Etika Jelang Liburan

  • Jumat, 28 Juni 2024
  • 368 views
Pesan dan Nasihat Ajari Santri Etika Jelang Liburan

Al-Ikhlash—Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki nilai-nilai pendidikan yang kuat, termasuk etika dan adab dalam kehidupan sehari-hari.

Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash  tidak hanya memberikan pendidikan agama yang kokoh tetapi juga mengajarkan para santrinya tentang pentingnya etiket dalam kehidupan sehari-hari. Etiket di pondok pesantren ini tidak hanya mencakup tata cara berbicara yang sopan dan santun, tetapi juga sikap hormat kepada sesama santri, guru, tamu serta etiket bermedia sosial.

Salah satu aspek utama dari etiket di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash adalah adab dalam bergaul dan berinteraksi. Para santri diajarkan untuk saling menghormati, menghargai perbedaan, dan menjaga ketertiban di lingkungan pesantren. Ini mencakup tata krama dalam berbicara, menggunakan bahasa yang baik, serta sikap menghormati yang tercermin dalam tutur kata dan perilaku sehari-hari.

Dalam sesi kedua kuliah umum tentang etiket, Bapak Direktur TMI Al-Ustadz Diding Mujahidin, M.A., menjelaskan tentang arti kesopanan dalam berpakaian. “Salah satu contoh yang paling terlihat dizaman sekang ini tata cara berpakaian. Bahwa santri harus berpakaian yang sopan dan sesuai dengan nilai-nilai agama Islam. Para santri harus menjaga penampilan yang rapi dan bersih sebagai wujud penghargaan terhadap diri sendiri dan lingkungan”. Tutur beliau.

Kemudian selanjutnya sesi ketiga dilanjutkan oleh pengasuhan santri Al-Ustadz Muhsin Arafat, S.H.I beliau menekankan bahwa salah satu aspek penting dari etiket bermedia sosial adalah penggunaan bahasa yang sopan hal ini menghindari penggunaan kata-kata kasar atau kata-kata yang kurang sopan.

Selain itu beliau juga menyampaikan “Kehati-hatian dalam menyebarkan informasi juga merupakan bagian dari etiket bermedia sosial yang baik. Memastikan kebenaran informasi sebelum membagikannya dapat mencegah penyebaran berita palsu atau hoax yang dapat merugikan banyak pihak. Menyertakan sumber informasi yang jelas juga membantu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas dalam bermedia sosial”. Tutur beliau.

Selanjutnya pembacaan buku etiket akan disampaikan besok pagi mulai pikul 07.00 sampai pukul 11.00 di kelas masing-masing oleh para guru yang sudah dijadwalkan.

Kemudian Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash ini menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lainnya dalam memadukan tradisi nilai-nilai Islam dengan tuntutan zaman modern, yang semakin menekankan pentingnya pengembangan pribadi yang komprehensif. Dengan demikian, etiket di pondok pesantren ini bukan hanya menjadi bagian dari kurikulum formal, tetapi juga pondasi untuk membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan bermanfaat bagi masyarakat.

error code: 520