Kuliah Umum Babak II tentang Kepondokmodernan: Mendidik dan Membina Nomor Satu, Mengajar Nomor Dua

Kuliah Umum Babak II tentang Kepondokmodernan: Mendidik dan Membina Nomor Satu, Mengajar Nomor DuaAl-Ikhlash. Kuliah Umum tentang Kepondokmodernan kembali digelar pada Kamis pagi, 28 Juli 2022, acara ini digelar kembali pada babak II tentang Kepondokmodernan. Acara ini diisi kembali oleh Bapak Pimpinan Pondok Al-Ustadz Dr. H. M Tata Taufik, M.Ag. mulai pukul 07.00-08.30 WIB, dilanjutkan oleh Bapak Direktur TMI Al-Ustadz Diding Mujahidin, M.A mulai pukul 09.00-10.30 WIB dan Staf Pengasuhan Santri Al-Ustadz Muhsin Arafat, S.H.I. mulai pukul 11.00-12.00 WIB

Pada Kuliah Umum babak II ini Bapak Pimpinan Pondok menyampaikan “Alhamdulillah anak-anakku sekalian kita akan melanjutkan perkulihan kita, setelah kita bahas apa itu pondok? Harus paham jangan salah tujuan, nah kita akan bahas bagaimana pengajaran di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash. Pertama di Pondok ini bahwa pendidikan lebih utama dari pada pengajaran, jadi mendidik, membina itu lebih diutamakan dari pada menyampaikan pengetahuan. Menyampaikan pengetahuan atau mengajar kalian itu nomor dua, nomor satunya adalah mendidik dan membina”. Tutur beliau

Beliau juga menambahkan “Pendidikan itu apa? Semua yang didapat di Pondok, yang kamu perhatikan di Pondok yang kamu rasakan, yang kamu lihat, yang kamu dengar semuanya adalah bentuk pendidikan”.

Kuliah Umum dilanjut oleh Bapak Direktur TMI beliau menyampaikan “Pondok kita ini beridiri di atas dan untuk semua golongan. Kemudian apa yang kalian cari di Pondok ini? Tholabul Ilmi (mencari ilmu) dan ibadah. Bukan tholabul fashli (mencari kelas) bukan mencari teman, tapi niatkan tholabul ilmi”. Tutur Bapak Direktur TMI dalam menyampaikan kuliahnya.

Kemudian dalam acara ini juga Staf Pengasuhan santri Al-Ustadz Muhsin Arafat, S.H.I menyampaikan materinya, beliau menyampaikan “Setelah terlaksananya pekan perkenalan khutbatul arsy, Insya Allah mulai minggu depan semua aktivitas di Pondok ini mulai berjalan, mulai dari KBM, jadwal mingguan dan ekstrakurikuler. Mari kita kembali kepada niat kita untuk tholabul ilmi dan ibadah”. Tutur beliau. Banyak yang beliau sampaikan pada kuliah umum tentang kepondokmodernan ini mengenai kegiatan-kegiatan yang ada di Pondok ini, beliau menjelaskan dengan jelas dan detail.