• News
  • MTQ: Menumbuhkan Nilai Pendidikan dan Kecintaan Terhadap Al-Qur’an

MTQ: Menumbuhkan Nilai Pendidikan dan Kecintaan Terhadap Al-Qur’an

  • Jumat, 4 Maret 2022
  • 254 views
MTQ: Menumbuhkan Nilai Pendidikan dan Kecintaan Terhadap Al-Qur’an

 

Musabaqoh Tilawatil Qur’an

Kamis, 03 Maret 2022. Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash adakan MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an). Acara ini merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh bagian pengajaran OPPMA (Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash) dengan mengambil partisipan dari siswa/i kelas 1-4 TMI (Tarbiyatul Al-Mu’allimiinal Islamiyah) sebagai peserta lomba yang sudah diseleksi terlebih dahulu sebelumnya.

Acara ini dilaksanakan  pada kamis malam mulai pukul 20.00 yang dikhususkan untuk santri putra dan jumat pagi untuk santri putri mulai pukul 08.00 bertempat di Aula Pondok Modern Al-Ikhlash.

Turut hadir dalam acara ini bagian pengasuhan santri Al-Ustadz Maulana Rizki, S.Pd para Asatidz wal Ustadzaat serta seluruh siswa/i TMI.

Acara ini bertujuan selain membangun mental para santri juga meningkatkan semangat membaca Al-Qur’an, mempelajari, serta mengamalkan Al-Qur’an.

Adapun jenis lomba dalam MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) ini ialah Mujawwad dengan kriteria penilaian makhorijul huruf, ahkamul wakfi wal ibtida, ahkamul huruf dan shifatul huruf. Juz ‘Amma dengan kriteria penilaian keindahan suara, kelancaran dan makhorijul huruf. Murottal dengan kriteria penilaian  makhorijul huruf, ahkamul wakfi wal ibtida, ahkamul huruf dan shifatul huruf.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjut dengan menyanyikan mars MTQ oleh siswa kelas 5 TMI, sambutan ketua panitia dan sambutan dari bagian pengasuhan santri.

Dalam acara ini Al-Ustadz Maulana, S.Pd memberikan sambutan sekaligus membuka acara MTQ ini, dalam sambutannya beliau menyampaikan “Alhamdulillah atas kenikmatan yang telah diberikan kepada kita, sehingga kita tetap bisa berkarya produktif menggali potensi diri pada kegiatan- kegiatan yang telah disusun”.

Beliau juga menambahkan “penyelenggaraan MTQ ini merupakan acara tahunan pondok, sebagai salah satu kegiatan untuk menumbuhkan nilai pendidikan dan kecintaan terhadap Al-Qu’ran” tutur beliau dalam sambutannya.

Adapun para pemenang dalam MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) ini dari MTQ putra: Mujawwad juara 1 Wildan kelas 3C, juara 2 Pondra Septian Kelas 4C, Juara 3 Agung Fauzan kelas 4B. Murottal: juara 1 Rezki kelas 1B, Juara 2 Trisyana Angga Saputra kelas 4B, juara 3 Rafi Khoirul Umam kelas 1 Intensif B. Juz ‘Amma: juara 1 Azzamy kelas 2C, Rofi kelas 1Intensif B dan juara 3 Rifki Ahmad Rifa’i kelas 4B.

MTQ Putri: Murottal: juara 1 Shabrina Fauziyah kelas 3E, juara 2 Davina Aulia kelas 1 Intensif  C, juara 3, Azkia Pricillia Putri kelas 4D. Mujawwad: juara 1 Talita Rasyidah kelas 2E, juara 2 Dlina Stiani kelas 1E, juara 3 Sivia Citra Agustin kelas 4D. Juz’amma: juara 1 Tina Fityatul Ilmia kelas 4D, juara 2 Sintia Ramadhani kelas 3E, juara 3 Annisa Listiani kelas 2E.

error code: 520