• News
  • Kunjungi New York dan Philadelphia, Pimpinan Pondok Tekankan Pentingnya Dakwah dan Kerjasama

Kunjungi New York dan Philadelphia, Pimpinan Pondok Tekankan Pentingnya Dakwah dan Kerjasama

  • Kamis, 17 Oktober 2024
  • 36 views
Kunjungi New York dan Philadelphia, Pimpinan Pondok Tekankan Pentingnya Dakwah dan Kerjasama

Rombongan delegasi kiai yang terdiri dari Dr. KH. Sofwan Manaf, M.Si (Darunnajah), Dr. KH. M. Tata Taufik (Al-Ikhlas Kuningan), Dr. KH. Ikhwan Hadiyin (Darul Azhar, Rangkasbitung), KH. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D (Tazakka Batang), Prof. Dr. KH. Mahrus Asad (Al-Ihsan, Bandung), KH. Iwan Sofyan Andi, M.Si (Baitul Hidayah Bandung), KH. Harismawan (Darul Qolam, Tangerang), Dr. Hasan Darojat (Rektor Universitas Darunnajah), Ustadz Rifdi Izdihar dan Ibu Rizma dari Departemen Kerjasama Luar Negeri Darunnajah,melanjutkan kunjungannya ke Amerika Serikat dengan bertemu berbagai komunitas dan organisasi Muslim di New York pada 12-13 Oktober 2024.

Rombongan mengunjungi Jamaica Muslim Center dan Islamic Cultural Center di pusat kota New York. Kunjungan tersebut difokuskan pada diskusi mengenai isu-isu kontemporer terkait perkembangan dakwah Islam di Amerika, serta pertumbuhan populasi Muslim yang terus meningkat di wilayah tersebut.

Selain membahas kondisi umat Islam di Amerika, para kiai juga mengangkat berbagai isu global yang mempengaruhi dunia Muslim, termasuk dinamika geo-politik internasional. Diskusi yang berlangsung antara delegasi P2i dan perwakilan komunitas Muslim di New York menyoroti pentingnya memperkuat jaringan kerjasama dalam ranah pendidikan, dakwah, dan kegiatan sosial.

Setelah kunjungan di New York, delegasi melanjutkan perjalanan ke Philadelphia untuk bertemu dengan komunitas Muslim Indonesia yang bermukim di sana. Kegiatan pengajian rutin yang diselenggarakan oleh komunitas tersebut menjadi kesempatan bagi para kiai untuk bersilaturahmi dan berbagi pandangan terkait pentingnya memperkuat dakwah Islam di luar negeri.

Rangkaian kunjungan ini merupakan bagian dari program lebih besar yang bertujuan untuk memperluas kerjasama dan memperdalam pemahaman antar komunitas Muslim di berbagai negara. Sebelumnya, para kiai dari P2i ini juga telah mengunjungi komunitas Muslim di Baltimore, Maryland, dan Washington DC. Kunjungan ini diharapkan akan memperkuat hubungan antara lembaga-lembaga Islam di Indonesia dan Amerika, serta membuka peluang kerjasama di bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

Dengan fokus pada pengembangan hubungan internasional di bidang dakwah dan pendidikan Islam, kunjungan ini mencerminkan upaya pesantren untuk menjalin kolaborasi lintas negara demi kemajuan bersama.

Penulis: Redaksi

Berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berpikiran bebas.
error code: 520