• News
  • Kuliah Umum Tentang Etiket: Adab Lebih Tinggi dari Ilmu

Kuliah Umum Tentang Etiket: Adab Lebih Tinggi dari Ilmu

  • Rabu, 26 Juni 2024
  • 424 views
Kuliah Umum Tentang Etiket: Adab Lebih Tinggi dari Ilmu

Al-Ikhlash—Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash baru-baru ini menggelar kuliah umum yang membahas pentingnya etiket dalam kehidupan sehari-hari, karena liburan semester tinggal menghitung hari. Rabu. 26 Juni 2026.

Sudah menjadi sunnah Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash setiap akan menghadapi liburan, baik liburan semester pertengahan tahun ataupun semester akhir tahun, Pondok selalu mengadakan kuliah umum tentang etiket

Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pemahaman dan praktik etiket di kalangan santri ataupun masyarakat umum.

Selain itu kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai tata krama dan etiket yang sejalan dengan ajaran Islam, yang menjadi landasan dalam berinteraksi dengan sesama dan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara kuliah umum tersebut dihadiri oleh Bapak Direktur TMI Al-Ustadz Diding Mujahidin, M.A., Asaatidz wal Ustadzaat serta seluruh santri Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash bertempat di Gedung pertemuan Al-Ikhlash.

Dalam acara tersebut, Bapak Direktur TMI menekankan pentingnya adab dan etika dalam berbagai aspek kehidupan. “Mengutip dari hadits Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa beliau diutus dengan tujuan menyempurnakan adab manusia. Orang yang memiliki ilmu tapi tidak disertai dengan adab maka hanya akan berujung pada kesombongan. Ini membuktikan bahwa adab merupakan hal yang lebih penting dan lebih tinggi dari ilmu.”. Tutur beliau.

Kemudian acara ini dibagi tiga babak, babak pertama dilaksanakan pada Rabu malam, babak kedua dilaksanakan pada Kamis pagi dan babak ketiga dilaksanakan pada Kamis malam.

Setelah kuliah umum babak pertama selesai, acara dilanjutkan besok pagi, dan acara kuliah umum tentang etiket di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash tidak hanya menjadi momen untuk belajar, tetapi juga untuk menguatkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, yang menjadi inti dari pendidikan yang diberikan di pesantren ini.

error code: 520