• News
  • Al-Ikhlash Selenggarakan KMD ke XIII

Al-Ikhlash Selenggarakan KMD ke XIII

  • Selasa, 15 Oktober 2024
  • 49 views
Al-Ikhlash Selenggarakan KMD ke XIII

Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash selenggarakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Angkatan ke XIII yang diikuti oleh siswa kelas 5 Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (TMI). Kegiatan yang berlangsung selama enam hari ini, dari tanggal 12 hingga 17 Oktober 2024, diadakan di lingkungan pesantren dengan melibatkan para siswa untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan, kemandirian, dan kerjasama melalui Gerakan Pramuka.

KMD ini merupakan bagian dari program wajib di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash, yang bertujuan untuk mempersiapkan para santri sebagai kader pembina Pramuka yang memiliki kemampuan dasar dalam mengorganisir dan membimbing regu-regu Pramuka. Para peserta mendapatkan materi-materi yang disusun secara komprehensif, meliputi pengembangan karakter, teknik kepramukaan, dan kepemimpinan lapangan.

Program ini dirancang untuk memberikan bekal yang holistik bagi para santri. Selain memperdalam keterampilan kepramukaan, KMD juga menjadi wadah bagi santri untuk membangun jiwa kepemimpinan dan melatih tanggung jawab. Ini sejalan dengan tujuan pesantren untuk membentuk generasi yang mandiri dan berakhlak mulia,

Selain itu, kegiatan ini dipandu oleh instruktur-instruktur profesional yang telah berpengalaman di bidang kepramukaan. Dalam pelaksanaannya, para santri kelas 5 TMI tidak hanya belajar secara teori, tetapi juga praktek langsung di lapangan, termasuk simulasi situasi darurat dan kegiatan perkemahan.

KMD angkatan ke XIII ini dibuka dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh sesepuh pesantren, Kak Kwarcab Kuningan, Korps Pelatih Lingga Bhakti Kuningan, para ustadz, dan seluruh peserta.

Penulis: Redaksi

Berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berpikiran bebas.
error code: 520