• News
  • Pimpinan Pondok Kunjungi Komunitas Muslim Amerika Serikat

Pimpinan Pondok Kunjungi Komunitas Muslim Amerika Serikat

  • Kamis, 17 Oktober 2024
  • 36 views
Pimpinan Pondok Kunjungi Komunitas Muslim Amerika Serikat

Dr. KH. M. Tata Taufik, M.Ag, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlash, Kuningan, bersama delegasi Perhimpunan Pengasuh Pesantren Indonesia (P2i), mengunjungi komunitas Muslim di Baltimore, Maryland, dan Washington DC pada 6–9 Oktober 2024. Kunjungan ini bertujuan memperkuat hubungan lintas negara dan membangun kolaborasi strategis dalam pengembangan Islam yang damai dan inklusif, serta mengatasi islamofobia.

Selama dua pekan, dari 4 hingga 17 Oktober 2024, rombongan yang juga merupakan pesantren alumni Gontor, termasuk Dr. KH. M. Tata Taufik, M.Ag melakukan serangkaian pertemuan dengan berbagai komunitas dan organisasi Muslim di Amerika.

Baltimore menjadi kota pertama dalam lawatan ini, di mana mereka disambut oleh Imam Bashar Arafat, pendiri Civilization Exchange and Cooperation Foundation (CECF). Diskusi intensif dan lokakarya yang diadakan membahas peran diplomasi keagamaan dalam memperkuat pemahaman antara dunia Islam dan Barat.

Selain menghadiri seminar dengan CECF, Dr. Tata Taufik juga mengunjungi IMAAM Center, pusat komunitas Muslim Indonesia di Maryland, yang didirikan pada 2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kunjungan ini menjadi kesempatan untuk bertukar pengalaman tentang pengelolaan pendidikan Islam dan dakwah di dua negara yang berbeda budaya.

Di Washington DC, Dr. Tata Taufik dan delegasi bertemu dengan komunitas Muslim Afrika-Amerika di Masjid Al-Haq serta beberapa organisasi besar lainnya, seperti Islamic Society in Baltimore dan ADAAM Center. Diskusi berfokus pada peran pesantren dan masjid dalam membina generasi Muslim yang berpendidikan, moderat, dan mampu menjawab tantangan zaman.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlash ini juga dijadwalkan untuk bertemu dengan perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC dan melakukan kunjungan ke beberapa universitas ternama, seperti Harvard University, Georgetown University, dan George Washington University. Lawatan ini bertujuan untuk memperluas jaringan dan memperkuat kerja sama dalam bidang pendidikan pesantren dan pengembangan Islam.

Sebagai pimpinan pesantren yang aktif dalam dunia pendidikan dan dakwah, Dr. KH. M. Tata Taufik terus mendorong kolaborasi antar pesantren Indonesia dan lembaga internasional, terutama dalam upaya meningkatkan pemahaman Islam.

Kunjungan ini diharapkan memperkuat hubungan lintas negara dan membawa manfaat besar bagi pengembangan Islam di Indonesia dan Amerika, serta menjadi langkah strategis dalam membangun dunia yang lebih damai dan saling memahami.

Penulis: Redaksi

Berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berpikiran bebas.
error code: 520