• News
  • Santri Kelas VI Ikuti Pembekalan Imamah dan khitobah

Santri Kelas VI Ikuti Pembekalan Imamah dan khitobah

  • Jumat, 20 September 2024
  • 302 views
Santri Kelas VI Ikuti Pembekalan Imamah dan khitobah

Al-Ikhlash–Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash mengadakan acara pengarahan dan pembekalan Imamah dan Khitobah bagi Siswa kelas VI TMI. Kamis ,19 September 2024.

Kegiatan dibuka oleh Pimpinan Pondok KH. Dr. M Tata Taufik, M.Ag yang menekankan pentingnya peran imam dan khatib dalam membimbing umat serta menyampaikan pesan-pesan Islam yang tepat dan relevan, selain itu ini merupakan ujian yang harus dilalui santri kelas VI agar nanti dapat terjun langsung di masyarakat.

“Di tengah tantangan zaman, kita perlu memperkuat kualitas penyampaian khutbah dan imam dalam menjalankan tugasnya, kemudian ketika lulus dari Pondok kalian siap menjadi Khotib dan Imam.” Ujarnya.

Selain itu Pimpinan Pondok yang memberikan materi tentang teknik penyampaian khutbah yang efektif dan menarik. Pimpinan Pondok menjelaskan, “Khutbah yang baik harus mampu menginspirasi dan memberikan solusi bagi jamaah. Kita harus peka terhadap isu-isu yang dihadapi masyarakat saat ini.” Tutur beliau.

Dalam pelaksanaannya para santri diharuskan untuk menghafal juz 30 sebagai syarat untuk menjadi imam dan membuat teks khutbah dalam bahasa indonesia dan bahasa arab untuk khitobah.

Kemudian diakhir acara ini, para santri diharapkan dapat menerapkan ilmu dan pengalaman yang didapatkan dalam kegiatan tersebut, serta meningkatkan kualitas belajar yang baik.

Baca juga: Khutbah Jumat: Maulid Nabi, Kelahiran Sang Pembawa Rahmat

error code: 520