Kuliah Umum Etiket dan Wejangan Menjelang Liburan

Menjadi tradisi pesantren al-Ikhlash setiap menjelang liburan diadakan kuliah umum tentang Etiket. Kegiatan tersebut menjadi semacam paket program pendidikan di Al-Ikhlash yang khusus membahas adab sopan santun dan tata krama. Kuliah umum yang disampaikan langsung oleh pimpinan pondok itu berdurasi 2 malam 1 hari, dan disusul oleh pembacaan buku etiket di kelas masing-masing di bawah bimbimbingan para ustadz. materi kuliah dimulai dengan cara mengisi liburan, kesopanan umum, kesopanan pakaian, kesopanan majlis dan berbagai pertemuan sampai pada tata cara makan bersama dan menerima telepon serta penggunaan telepon seluler dan media sosial.

Kuliah Umum Etiket

Setelah Kuliah Umum tentang Etiket, menjelang pembagian buku laporan pendidikan dan liburan diselenggarakan juga acara wejangan, supaya para santri memahami pentingnya laporan pendidikan dan fungsinya sebagai media untuk mengenali kekuatan, kelemahan dan evaluasi diri masing-masing santri. Diharapkan dengan mengetahui hasil evaluasi selama satu semester para santri bisa mengetahui potensi dirinya dan mempertahankannya, serta mengenali kelemahannya sehingga bisa meningkatkan kemampuannya di semester berikut.

Adapun wejangan menjelang liburan bersisi tata cara liburan yang baik dengan mengisi berbagai kegiatan yang sesuai dengan posisinya sebagai santri dan pembelajar yang aktif.   Liburan adalah berganti aktifitas, bukan berarti nganggur.