• News
  • Upacara Pembukaan Ujian Tahriri: Kalian Adalah Pembelajar yang Baik

Upacara Pembukaan Ujian Tahriri: Kalian Adalah Pembelajar yang Baik

  • Sabtu, 8 Juni 2024
  • 252 views
Upacara Pembukaan Ujian Tahriri: Kalian Adalah Pembelajar yang Baik

Al-Ikhlash—Setelah dilaksanakannya ujian syafahi selama enam hari, pada Sabtu-Kamis, 01-06 Juni 2024. Kini santri Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash disibukan dengan ujian tahriri atau ujian tulis.

Ujian Akhir Tahun 2024 di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash telah memasuki masa ujian tahriri. Pimpinan Pondok, KH. Dr M Tata Taufik, M.Ag berkenan menyampaikan sambutan pada acara pembukaan ujian tahriri tadi pagi, Sabtu, 08 Juni 2024 di Halaman Masjid Pondok.

Pada upacara ini seluruh santri diwajibkan menghadiri acara pembukaan ini sebelum mengikuti ujian tahriri yang tinggal menunggu waktu karena beberapa saat setelah selesainya acara mereka akan menuju ruang ujian masing-masing untuk mengikuti ujian mata pelajaran pertama.

Ujian merupakan salah satu agenda terbesar di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash yang tidak hanya melibatkan seluruh santri, akan tetapi juga melibatkan seluruh Asatidz. Maka, pelaksanaannya pun terorganisir dengan baik melalui panitia ujian yang diangkat oleh Pimpinan Pondok.

Dalam sambutannya, Bapak Pimpinan menyampaikan bahwa ujian di Al-Ikhlash ini tidak hanya membidik aspek akademis santri saja, akan tetapi juga mencakup aspek mental.

Karena dalam ujian yang terpenting adalah kesiapan. Penting bagi para santri untuk merasa siap diuji. Mental siap itu lebih penting daripada ujian itu sendiri, karena dari situ lahir keberanian. Artinya selalu siap untuk diuji dan tidak ada rasa takut untuk menghadapi ujian. Jika sudah memiliki mental ini, maka dapat dikatakan sudah lebih dari setengah jalan menuju kesuksesan. Tentu kemudian harus selalu diiringi dengan do’a, maka jangan lupa perbanyak berdo’a, juga selalu meminta do’a kepada orang tua, kerabat dan guru-guru.

Inilah tradisi kita, maka didalam ujian ini ada unsur usaha, juga tauhid. Dimulai dari belajar dengan sungguh-sungguh sebagai persiapan, sehingga melahirkan kesiapan dan keberanian untuk menghadapi ujian yang kemudian diakhiri dengan doa dan tawakkal.

Di akhir sambutannya beliau mengatakan “Saya yakin dan percaya bahwa kalian siap dalam menghadapi ujian. Saya juga yakin bahwa kalian adalah pembelajar yang baik. Saya juga yakin bahwa kalian memiliki pikiran-pikiran yang baik (Positive Thinking) dan saya juga yakin kalau tutur kata atau Tindakan yang keluar dari diri kalian adalah kata-kata yang baik dan bagus (Positive Words). Ini semuanya modal kalian untuk sukses”. Tutur beliau mengakhiri sambutannya.

error code: 520