• News
  • Ujian Syafahi: Bekal Untuk Ujian Tulis Siswa/i Akhir TMI

Ujian Syafahi: Bekal Untuk Ujian Tulis Siswa/i Akhir TMI

  • Senin, 28 Maret 2022
  • 345 views
Ujian Syafahi: Bekal Untuk Ujian Tulis Siswa/i Akhir TMI

Rep: Tiara SH/Red: Mamat R

Al-Ikhlash- Senin, 28 Maret 2022 Siswa/I akhir TMI (Tarbiyatul Al-Mu’allimiinal Islamiyah)  merupakan hari pertama bagi siswa-siswi akhir TMI Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Kuningan mengikuti ujian lisan.

Setelah ujian tarbiyah dan praktek mengajar tiba saatnya siswa/I akhir ini menjalani ujian lisan atau syafahi sebagai tahap awal untuk ujian tulis. Tujuan diadakannya ujian lisan selain mengukur kualitas kognisi dan pemahaman santri juga sebagai bekal untuk ujian tulis di minggu yang akan datang serta mempersiapkan materi-materi pelajaran yang sudah didapat selama belajar di kelas. Para Siswa/I akhir tidak hanya sekedar memahami pelajaran, tetapi diminta untuk menjelaskan secara jelas dan runut sesuai dengan pertanyaan yang ditanyakan oleh penguji.

Dalam Ujian lisan yang berlangsung selama empat hari, sejak tanggal 28 Maret 2022- 31 Maret 2022 satu per satu santri dipanggil dan memasuki ruang ujian, berhadapan dengan penguji untuk menjawab pertanyaan tentang apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Semua rentetan ujian wajib diikuti oleh seluruh siswa/i akhir TMI yang berjumlah 48 orang terdiri dari 13 Putri dan 35 Putra. Ujian dimulai pukul 07:00 sampai dengan selesai dan bertempat di Aula Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash.

Terdapat lima ruangan dalam ujian lisan ini diantarannya, ruangan bahasa  Arab, ruangan bahasa Inggris, ruangan Fiqih/Tauhid, ruangan Tarbiyah dan ruangan Al-Qur’an. Dari masing-masing ruangan terdapat dua orang penguji dari Asatidz yang sudah mahir dalam bidangnya masing-masing. Dengan adanya ujian lisan ini, diharapkan para siswa/i akhir lebih membekali diri untuk mengahadapi ujian tulis.

error code: 520