• News
  • Ujian di Ambang Pintu, Al-Ikhlash Adakan Pengarahan Ujian Syafahi

Ujian di Ambang Pintu, Al-Ikhlash Adakan Pengarahan Ujian Syafahi

  • Kamis, 30 Mei 2024
  • 224 views
Ujian di Ambang Pintu, Al-Ikhlash Adakan Pengarahan Ujian Syafahi

Al-Ikhlash—Kegiatan di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash seakan bejalan begitu cepat. Segenap santri Tarbiyatul Mu`allimin Al-Islamiyah (TMI) akan dihadapkan dengan ujian akhir tahun periode: 2023-2024.

Pada Kamis, 30 Mei 2024 Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash adakan pengarahan ujian syafahi (lisan). Dihadiri langsung oleh Pimpinan Pondok dan Direktur TMI serta seluruh Guru TMI bertempat di Gedung Pertemuan Al-Ikhlash.

Acara yang bertajuk  “At-Taujihat wa Al-Irsyadat wa Tauzi’u Al-‘Amal fi Al-Imtihan As-Syafahi li Akhiri As-Sanah Ad-Dirasiyah” ini diharapkan dapat menjaga miliu belajar santri serta dapat membangun tradisi belajar.

Dalam acara ini Pimpinan Pondok KH. Dr. M Tata Taufik, M.Ag menyampaikan berbagai hal terkait pentingnya ujian diPondok“Tujuan dari ujian adalah جعل التلميذ يتعلّم (menjadikan anak-anak belajar) dan juga bagian dari pada pendidikan, maka ini adalah target dari pada ujian. Alhamdulillah seperti yang kita lihat dalam suasana ujian anak-anak semngat dalam belajar, dan ini merupakan keberhasilan”. Tutur beliau.

Beliau menambahkan “Bahwa sebetulnya yang ingin kita bangun adalah tradisi, tradisi membaca, tradisi mempersiapkan diri dari segala sesuatu, dan itu yang membuat anak-anak sukses nanti. Selain anak-anak, ustadz juga harus membangun tradisi membaca dan mempersiapkan diri agar semakin meningkat pengetahuannya”.

Setelah mendengarkan pengarahan dari Pimpinan Pondok, acara dilanjutkan setelah istirahat yang kemudian dilanjutkan oleh Bapak Direktur TMI yang menyampaikan teknis dan pembagian tugas selama ujian syafahi ini.

Adapun tugas-tugas guru dalam pelaksanaan ujian syafahi ini ialah ada yang bertugas sebagai penguji, piket bagian ataupun tugas lainnya. Sementara itu, ujian akan dimulai pada Sabtu (01/06) nanti akan berlangsung selama enam hari, yaitu sampai tanggal  06 Juni 2024. Dan setelah itu para santri akan dihadapkan dengan ujian tahriri atau ujian tulis. Al-Ikhlash Media

error code: 520