• News
  • Tasyji’ul Lughoh Bersama Syeikh Abdul Hamid

Tasyji’ul Lughoh Bersama Syeikh Abdul Hamid

  • Minggu, 26 Juni 2022
  • 466 views
Tasyji’ul Lughoh Bersama Syeikh Abdul Hamid

Tasyji’ul Lughoh Bersama Syeikh Abdul HamidAl-Ikhlash. Salah satu kurikulum yang diterapkan Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash untuk seluruh santri-santrinya adalah bahasa, bahasa ini menjadi mahkota bagi Pondok Al-Ikhlash “Al lughotu taaju-l-ma’hadi” yang artinya Bahasa mahkota pondok. Adapun bahasa yang digunakan untuk keseharian santri ialah bahasa arab dan inggris.

Pada minggu malam 26 Juni 2022 seluruh santri berkumpul di Gedung pertemuan untuk mengikuti kegiatan Tasji’ul Lughoh, acara ini dihadiri oleh Syeikh Abdul Hamid yang berasal dari Mesir didampingi oleh staf pengasuhan santri Al-Ustadz Imam Muttaqin, Lc dan Al-Ustadz Muhsin Arafat, S.H.I.

Penyelenggaraan acara ini yang merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab/Inggris santri bertujuan untuk memotivasi dan membangkitkan semangat para santri dalam berbahasa resmi di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash. Juga dalam rangka meningkatkan bahasa program Tasyji’ul Lughoh, kegiatan ini selalu dilaksanakan sekurang-kurangnya dua kali dalam setahun.

Dalam acara ini Syeikh Abdul Hamid menyampaikan pesan pada para santri Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash “Untuk prioritas dalam peningkatan kemampuan atau pembelajaran bahasa arab terdiri dari;

  1. Maharoh Istima’ 60%
  2. Maharoh Tahadduts 20%
  3. Maharoh Kitabah 10%
  4. Maharoh Qiroah 10%

Pembagian ini sejalan dengan metode bagaimana Nabi Muhammad SAW menerima dan mengajarkan Al-Qur’an”. Ujar beliau.

Kemudian dalam kegiatan ini diisi dengan beberapa kegiatan salah satunya adalah Muhadatsah (Percakapan) dan diakhir acara diisi dengan tanya jawab antara santri dengan narasumber Syeikh Abdul Hamid.

Dan harapan daripada diselenggarakan kegiatan ini semoga seusainya kegiatan ini ada perubahan peningkatan bahasa santri.

error code: 520