• News
  • Nuzulul Qur’an: Tingkatkan Kualitas Interaksi Terhadap Al-Qur’an

Nuzulul Qur’an: Tingkatkan Kualitas Interaksi Terhadap Al-Qur’an

  • Sabtu, 8 April 2023
  • 195 views
Nuzulul Qur’an: Tingkatkan Kualitas Interaksi Terhadap Al-Qur’an

Red/Rep: Yusuf Maulana Akbar

Nuzulul Qur’an adalah sebuah peristwa yang sangat agung bagi ummat manusia khususnya kaum muslimin, karena pada peristiwa itu turunnya kitab Suci Al-Qur’an yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Nuzul dalam bahasa arab yang berarti  (Turunnya sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah) sedangkan Al-Qur’an adalah kitab suci Ummat islam . Secara lengkap Nuzulul Qur’an adalah suatu peristiwa turunnya Al-Qur’an dari Allah Swt mealui malaikat Jibril dan di ajarkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai petunjuk bagi ummat islam.

Pada Jum’at 07 April 2023 M / 17 Ramadhan 1444 H Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash memperingati Malam Nuzulul Qur’an (Turunnya Al-Qur’an)  di Gedung Pertemuan  yang disampaikan oleh Ustadz Imam Mutaqien Lc.

Dalam pembicaraanya beliau mengatakan bahwa Bulan Ramadhan merupakan bulan spesial karena salah satunya adalah  yang bertepatan pada hari ke 17 Ramadhan yaitu peristiwa Turunnya Al-Qur’an. Keutamaan memperingati hari-hari besar menurut Dokter psikologi bahwa ketika memperingati hari pahlawan sangat berpengaruh sekali terhadap kesehatan mental.

Para ulama berijtihad bahwa Nuzulul Qur’an bertepatan pada tanggal 17 Ramadhan, namun menurut beberapa ulama yang berijtihad sedunia masih banyak perbedaan pendapat.

Perbedaan malam Nuzulul Qur’an dan malam Lailatul Qodr ada beberapa pendapat bahwa Nuzulul Qur’an itu melewati dua kali fase turun, pertama turunnya Al Qur’an dari Lauhful  Mahfud Ke Baitul Ijjah disebut dengan peristiwa Lailatul Qodr sedangkan Nuzulul Qur’an adalah dari baitul ijjah kepada Rasulullah Saw yang sedang berada di Gua Hira. Ayat yang pertama turun adalah  surat Al-Alaq 

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ ١ خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚ ٢ اِقْرَأْ وَرَبُّكَ الْاَكْرَمُۙ ٣ الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ ٤ عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ ٥

1.  Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan!

2.  Dia menciptakan manusia dari segumpal darah

3.  Bacalah! Tuhanmulah Yang Maha Mulia,

4.  yang mengajar (manusia) dengan pena.

5.  Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.

Adapun Hikmah Allah Swt tidak menurunkan Al-Qur’an secara langsung salah satunya adalah :

  1. Bahwa turunnya Al-Qur’an secara berangsur-angsur untuk menjaga Nabi Muhammad Saw.
  2. Menentramkan Nabi Muhammad Saw & menyampaikan wahyu kepada ummatnya.

Namun pada pembicaraanya ustadz Imam Mutaqin L.c menyampaikan bahwa “ sangat bisa Allah Swt menurunkan Al-Qur’an tanpa bertahap”

  • Mematahkan tuduhan yang selalu di sampaikan oleh kaum Quraish.
  • Untuk menghibur Nabi Muhammad Saw ketika merasa sedih
  • Untuk menjawab persoalan-persoalan yang belum ada jawabannya pada zaman itu
  • Untuk mengetahui Nash dan mansuh.

Dengan mengetahui sejarah turunnya Al-Qur’an adalah untuk lebih banyak berinteraksi dengan Al-Qur’an dan memahami maknaanya.  Malam Nuzulul Qur’an adalah kesempatan untuk mendapatkan malam Lailatul Qodr. Dengan melakukan peningkatan ibadah, membaca Al-Qur’an mentadaburi Al-Qur’an dan mengaplikasikan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan.

Baca juga: Khutbah Jumat: Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

error code: 520