• News
  • KMD 2022: Al-Ikhlash Tidak akan Berhenti Cetak Kader Masa Depan

KMD 2022: Al-Ikhlash Tidak akan Berhenti Cetak Kader Masa Depan

  • Jumat, 14 Oktober 2022
  • 389 views
KMD 2022: Al-Ikhlash Tidak akan Berhenti Cetak Kader Masa Depan

Pondok Al-Ikhlash. Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash resmi membuka kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) angkatan ke XII Tahun 2022. Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ini digelar di Gedung Pertemuan Pondok pada Jumat, 14 Oktober 2022.

Suasana Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Angkatan Ke XII 2022

Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar atau KMD ini merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh santri kelas V dan VI TMI (Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah) sebagai salah satu syarat kelulusan Pondok, kemudian selain itu KMD ini untuk mematangkan para santri kelas V dan VI dalam mengajarkan nilai-nilai kepramukaan kepada adik-adiknya serta menjadi bekal utama bagi pembina pramuka dalam mentransfer ilmunya kepada adik-adiknya.

Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ini diselenggarakan selama enam hari pada Jumat 14 Oktober 2022 sampai Rabu 19 Oktober 2022 bertempat di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ini merupakan KMD angkatan ke XII.

Dalam pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ini dihadiri langsung oleh Kak Muhsin Arafat, S.HI., MT. Yang mewakili Kak Mabigus yang berhalangan hadir dalam acara ini. Bapak Direktur TMI Al-Ustadz Diding Mujahidin, MA, turut hadir juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab. Kuningan Kak. Rana Suparman, S.Sos, Ketua Kwartir Ranting Ciawigebang Kak. Bagus Sahrul Hayat, S.Pd. MG, Majlis Pembimbing Kwartir Ranting Ciawigebang Kak. Muhammad Solihin, S.Sos., M.SI, Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang Kuningan Kak. H Husda, S.Pd, MG, MS, Pimpinan Kursus Kak. DR, Muhammad Opang Sopari, M.M.Pd., MG serta jajaran pelatih kursus dan seluruh peserta KMD.

Penyematan Tanda Peserta KMD

Adapun peserta dalam Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) berjumlah 137 peserta dengan rincian 125 merupakan kader Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Ciawilor, 7 peserta kader Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Cisantana, 3 peserta kader Pondok Pesantren Al-Muqoddas Cirebon, 1 peserta Alumni Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash dan 1 peserta guru SMPN 2 Maleber Kuningan. Kemudian dari tim pelatih Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) seluruhnya berjumlah 20 tim pelatih diantaranya 8 pelatih dan 12 pelatih pendamping.

Jalannya acara

Acara dimulai pukul 10.00 WIB diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta kemudian laporan panitia pelaksana KMD dan sambutan-sambutan.

Sambutan Kak Muhsin Arafat, S.HI., MT.

Dalam sambutannya, Pimpinan Pondok selaku Kak Mabigus yang diwakilkan oleh Kak Muhsin Arafat, S.HI., MT menyampaikan “Yang pertama saya sampaikan salam dari kak Mabigus kak Dr. H M Tata Taufik, M.Ag, yang saat ini sedang melaksanakan perjalanan menuju Inggris, kedua kami selaku tuan rumah penyelengara KMD ke XII Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash menyampaikan banyak terimakasih kepada ketua Kwarcab Kak Rana Suparman, S.Sos dan kepada seluruh jajaran pelatih yang telah hadir di Pondok kita untuk berbagi pengalaman, untuk mengajar dan mendidik anak-anak kami, kader-kader kami”. Tutur beliau

Kemudian beliau menambahkan “dengan diselenggarakannya KMD ini agar kalian menjadi kader-kader di masa depan nanti dan Al-Ikhlash tidak akan berhenti mencetak kader-kader, kader masa depan dan kalian adalah penerus-penerus kami dikemudian hari” Tutur beliau dalam sambutannya.

Sambutan Kak. Rana Suparman, S.Sos. (Ketua Kwarcab Kuningan)

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab. Kuningan Kak. Rana Suparman, S.Sos. beliau menyampaikan “Sebelumnya Salam Pramuka. Pramuka (Praja Muda Karana) generasi muda yang mempersiapkan untuk bertarung mendarma baktikan diri kepada nusa dan bangsa tanah air. Saya ingin mengajak seluruh eksponen komponen pramuka untuk menciptakan anak bangsa yang pancasilais yang didalamnya terbangun sebuah sistematika pemimpin, langkah dan pijakan yang dasa darma pramuka”. Tutur beliau dalam sambutannya dengan penuh semangat.

Kemudian acara dilanjut dengan penyerahan tunggal latihan dari Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang Kuningan kepada Pimpinan Kursus, dilanjut dengan penancapan kapak oleh Pimpinan Kursus, penyematan tanda peserta serta menyanyikan lagu Hymne Satya Darma Pramuka. diakhir acara, acara ditutup dengan doa oleh Kak. KH Apandi, S.Pd selaku sesepuh Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash.

error code: 520