• News
  • Al-Ikhlash Cup: Akal yang Sehat Terdapat dalam Jiwa yang Sehat

Al-Ikhlash Cup: Akal yang Sehat Terdapat dalam Jiwa yang Sehat

  • Jumat, 2 Agustus 2024
  • 402 views
Al-Ikhlash Cup: Akal yang Sehat Terdapat dalam Jiwa yang Sehat

Al-Ikhlash—Berbagai acara rentetan pekan perkenalan khutbatul ‘arsy mulai dari apel tahunan serta kuliah umum tentang kepondokmodernan telah dilaksanakan, kini Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash menggelar pekan olahraga Al-Ikhlash Cup. Jumat, 02 Agustus 2024.

Pekan olahraga Al-Ikhlash Cup ini juga merupakan salah satu dari rentetan pekan perkenalan khutbatul ‘arsy yang bertujuan untuk mengenalkan kepada santri berbagai macam kegiatan yang akan mereka jalani setiap harinya khususnya dalam bidang olahraga.

Acara ini resmi dibuka secara seremonial disertai pengibaran bendera Al-Ikhlash Cup bertempat di halaman masjid pondok. Dalam pelaksanaan upacara pembukaan ini dihadiri langsung oleh Staf Pengasuhan Santri Al-Ustadz Muhsin Arafat, S.H.I., Asaatidz wal Ustadzaat serta diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash.

Staf Pengasuhan Santri yang bertindak sebagai pembina upacara dalam upacara ini sekaligus membuka secara resmi dengan penyalaan obor Al-Ikhlash Cup.

Dalam upacara pembukaan Al-Ustadz Muhsin Arafat, S.H.I menyampaikan sambutannya. Beliau mengatakan “Kegiatan-kegiatan di Pondok ini merupakan pendidikan, mulai dari kegiatan apel tahunan, kuliah umum tentang kepondokmodernan sampai acara al-ikhlash cup yang didalamnya terdapat kepanitiaan. Bagaimana panitia menyiapkan persiapanya, gladinya dan alhamdulillah semua terselegara dengan baik dan ini adalah pendidikan”.

Beliau juga menambahkan “Salah satu pendidikan yang langsung dirasakan oleh kalian dalam acara ini ialah sebuah kompetisi yang didalamnya terdapat keadilan, kejujuran, sportivitas, team work dan lain sebagainya itu semua bentuk dari pendidikan. Kemudian selain itu kita ini sebagai pembelajar suatu saat akan mengajar, untuk bisa mengajar maka harus sehat العقل السليم في الجسم السليم   (akal yang sehat terdapat pada jiwa yang sehat)”. Tutur beliau.

Setelah upacara pembukaan ini selesai para santri bergegas menuju lapangan futsal untuk menyaksikan pertandingan pembuka yakni futsal antara Asatidz dan Organisasi Santri Al-Ikhlash.

Adapun kegiatan ini berlangsung selama sepekan mulai dari jumat 02 Agustus sampai 09 Agustus 2024 yang mana pesertanya dari tiap-tiap asrama yang akan saling berlomba dalam berbagai cabang olahraga, diantaranya adalah Futsal, Basket, Voli, Takraw, dan Badminton dan lain-lain.

Dengan diadakannya acara ini, diharapkan mampu melatih naluri kepemimpinan serta jiwa sportivitas dalam diri santri Al-Ikhlash. Santri dilatih untuk mampu meraih prestasi dengan tetap menjunjung nilai sportivitas dan kebersamaan. Ini merupakan pelajaran mahal yang tak mudah didapatkan di luar alam pendidikan Pondok Al-Ikhlash.

Tak hanya santri, seluruh elemen yang terkait baik yang bertindak sebagai pemain, pelatih, wasit hingga panitia diharapkan mampu mengambil manfaat dari Al-Ikhlash Cup ini.

error code: 520