Hikmah dari Keutamaan-Keutamaan Sodaqoh

  • Selasa, 27 Juni 2023
  • 2,391 views
Hikmah dari Keutamaan-Keutamaan Sodaqoh

Hikmah dari Keutamaan-Keutamaan Sodaqoh

Disampaikan oleh Ust. Qeis Aimar pada Khutbah Jumat, 23 Juni 2023 M di Masjid Darussalam Al-Ikhlash.

الحمد لله العزيز الغفور، الذي جعل في الإسلام الحنيف الهدي و النور، أشهد ألا إله إلا الله، و أشهد أن محمدا عبده ورسوله لا نبي، ولا رسول بعده، اللهم صل و سلم علي حبيبنا و شفيعنا و قرة أعيننا سيدنا محمد، و علي أله و صحبه، و من تبعهم بإحسان إلي يوم الدين.

فيا عباد الله, أوصيكم و إياي نفسي بتقوى الله، فقد فاز متقون قال الله تعالي في كتابه الكريم، وهو أصدق القائلين، أعوذ بالله من الشيطان الرجيم، بسم الله الرحمن الرحيم

يا أيها الذين أمنوا اتقوا الله حق تقاته, ولا تموتن إلا و أنتم مسلمون, و قال أيضا, ياأيها الذين أمنوا اتقوا الله و قولوا قولا سديدا، يصلح لكم أعمالكم، و يغفرلكم ذنو بكم، و من يطع الله و رسوله فقد فاز فوزا عظيما

Hadirin sidang jumat yang sama sama dimuliakan Allah SWT

Tak henti hentinya kita panjatkan puja serta puji syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan kita nikmat iman dan nikmat islam, karunia yang teramat besar yang Allah karuniakan kepada hamba hambanya, semoga kita selalu termasuk ke dalam golongan hamba hambanya yang mendapatkan hidayahnya dan inyahnya.

Sholawat beserta salam marilah kita panjatkan kepada baginda nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada sahabat sahabatnya,kepada para tabiin dan tabiatnya dan kita selaku ummatnya, semoga di hari akhir nanti,kita mendapatkan syafaatul uzma dari baginda nabiyuna Muhammad SAW

Pada kesempatan yang mulia ini, uuuusiikum wa iyyya yaa nafsii,,marilah kita senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, Taqwa dalam arti senantiasa berupaya dan berusaha untuk sellalu menghadirkan Allah di setiap situasi dan kondisi dengan cara berdzikir dan menjalankan segala perintahnya serta menjahui segala laranganya, bahwasannya ketaqwaan dan keiimanan kita seperti wadah, dan amal amalan baik kita itu dipermisalkan seperti air, apabila keimanan dan ketaqwaan kita setipis kapas, maka air yang masuk ke dalam wadahnya akan terbuang dengan sia sia, dalam maksud di sini bahwasannya amal baik kita semua,tidak ternilai apa apa apabila kita tidak mempunyai keimanan dan ketaqwaan yang kuat kepada Allah SWT.

Hadirin sidang jumat yang sama sama dimuliakan Allah SWT

Sedekah atau shodaqoh berasal dari kata “shadaqa” yang artinya jujur, benar, memberi dengan ikhlas. Ini mengisyaratkan bahwa orang-orang yang bersedekah berarti telah berlaku jujur kepada dirinya sendiri mengenai kelebihan yang telah di berikan oleh Allah. Sedekah meliputi sedekah wajib (zakat) dan sedekah sunat (at-tatawwu) atau sedekah spontan dan sukarela yang sama artinya dengan infak. Allah SWT berfirman:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

 Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah peinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. (QS. Al hadid: 18).

  Hadirin sidang jumat yang sama sama dimuliakan Allah SWT

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW pun pernah bersabda tentang penyesalan bagi orang yang lalai bersedekah. َ

حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الصَّدَقَةِ أَعْظَمُ أَجْرًا قَالَ أَنْ تَصَدَّقَ وَأَنْتَ صَحِيحٌ شَحِيحٌ تَخْشَى الْفَقْرَ وَتَأْمُلُ الْغِنَى وَلَا تُمْهِلُ حَتَّى إِذَا بَلَغَتْ الْحُلْقُومَ قُلْتَ لِفُلَانٍ كَذَا وَلِفُلَانٍ كَذَا وَقَدْ كَانَ لِفُلَانٍ

 Telah menceritakan kepada kami Abu Hurairah radliallahu anhu berkata,: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahualaihiwasallam dan berkata,: “Wahai Rasulullah, shadaqah apakah yang paling besar pahalanya?”. Beliau menjawab: “Kamu bershadaqah ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir, takut menjadi faqir dan berangan-angan jadi orang kaya. Maka janganlah kamu menunda-nundanya hingga tiba ketika nyawamu berada di tenggorakanmu. Lalu kamu berkata, si fulan begini (punya ini) dan si fulan begini. Padahal harta itu milik si fulan”. (HR. Bukhari) [No. 1419 Fathul Bari] Shahih. Dalam hadits lain disebutkan:

حَدَّثَنَا مَعْبَدُ بْنُ خَالِدٍ قَالَ سَمِعْتُ حَارِثَةَ بْنَ وَهْبٍ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ تَصَدَّقُوا فَإِنَّهُ يَأْتِي عَلَيْكُمْ زَمَانٌ يَمْشِي الرَّجُلُ بِصَدَقَتِهِ فَلَا يَجِدُ مَنْ يَقْبَلُهَا يَقُولُ الرَّجُلُ لَوْ جِئْتَ بِهَا بِالْأَمْسِ لَقَبِلْتُهَا فَأَمَّا الْيَوْمَ فَلَا حَاجَةَ لِي بِهَا  

Telah menceritakan kepada kami Mabad bin Khalid berkata; Aku mendengar Haritsah bin Wahab berkata; Aku mendengar Nabi Shallallahualaihiwasallam bersabda: “Bershadaqalah, karena nanti akan datang kepada kalian suatu zaman yang ketika itu seseorang berkeliling dengan membawa shadaqahnya namun dia tidak mendapatkan seorangpun yang menerimanya. Lalu seseorang berkata,: “Seandainya kamu datang membawanya kemarin pasti aku akan terima. Adapun hari ini aku tidak membutuhkannya lagi”. (HR. Bukhari) [ No. 1411 Fathul Bari] Shahih.

Dari hadits di atas mengajarkan bahwa Muslim sudah semestinya selalu bersedekah sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya baik di kala lapang maupun sempit. 

Hadirin yang sama sama dimuliakan Allah SWT

Ada orang orang yang sudah meninggal, kemudain mereka minta kepada allah supaya di beri umur Panjang,mereka ingin hidup walaupun sejenak di atas muka bumi allah,cerita ini disebutkan di dalam al quran dalam surat  Al Munafiqun ayat 10 ,apa kata mereka:

لولا أخرتني إلي أجل قريب

Andai engkau tunda ajal kami dengan waktu yg sedikit,lalu apabila aku tambah apa yang kamu mau kata Allah SWT,

,فأصدق و أكن من الصالحين

Maka aku akan bersodaqoh, dan aku masuk dengan orang orang yang beramal soleh, mengapa dipisahkan sedekah dengan amal soleh? bukankah sedekah itu amal soleh, dan mengapa sedekah didahulukan dari pada amal soleh, karena memang orang yang sudah mati itu langsung melihat balsan amal solehnya, balasan tentang haji mabrur itu nanti dia tengok di jannatu naim, balasan bagaimana mendidik anak anak, nanti kita akan memandangnya di Jannatul Firdaus, tapi ketika kita pertama kali sampai ke liang kubur, maka ketika itu dia katakan, lawlaa akhortani ilaa ajalin qorib, berilah aku tambahan  umur, tidak perlu lama beberapa menitpun tidak apa2, faa assoddaqo, maka aku akan bersedekah. Bahwasannya pahala sodaqoh akan nampak sebelum kita mencapai di yaumul hisab nanti, balasan sedekah akan nampak sebelum kita diangkat menjadi penghuni syurga, dan balasan sodaqooh sudah tampak di pelepuk mata, walaupun baru masuk ke dalam alam barzah, begitu hebatnya dan istimewanya orang orang yang suka mengeluarkan hartanya utnuk bersedekah, dikarenakan dengan bersedekah, tidak hanya akhiratlah yang ia dapat, akan tetapi dengan bersedekah juga, ia mendapatkan sebuah keuntungan yang ia dapatkan di bumi Allah ini.

Hadirin siding jumat yang sama sama dimuliakan oleh Allah SWT

Mengenai tentang keuntungan bagi orang orang yang suka menginfakan dan mensodaqohkan hartanya,Allah SWT berkata di dalam qurannya

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

بسم الله الرحمن الرحيم

مثل الذين ينفقون أموالهم في سبيل الله كمثل حبة أنبتت سبع سنابل في كل سنبلة مائة حبة,والله يضاعف لمن يشاء,والله واسع عليم

Yang artinya; ”Dipermisalkan orang orang yang menginfaqan sebagian hartanya di jalan Allah SWT, seperti satu benih yang menumbuhkan tujuh bulir, dan di setiap bulir itu membuahkan seratus biji, Allah melipat gandakaan pahala yang ia kehendaki, Allah maha luas karunianya lagi maha mengetahui (Al Baqoroh:261 )

Yang di maksud di jalan Allah dalam pengartian ayat di atas menurut Sa’id ibnu Zubair ialah dalam rangka taat kepada Allah SWT, hal ini merupakan  perumpaan yang di buat oleh Allah SWT untuk menggambarkan perlipatgandaan pahala bagi orang orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, dan mencari keridhoannya. Maka dari itu Allah SWT menyuruh kita agar tidak lupa untuk menggapai dunia juga, dikarenakan, kita tidak akan bisa bersodaqoh dan berinfaq, apabila kita tidak mempunyai sesuatu yang pantas kita berikan  kepada orang lain Allah berfirman di dalam kitabNya:

و قل اعملوا فسيرى الله عملكم و رسوله و المؤمنون

Dan katakanlah, bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga rosulNya dan orang orang mukmin. Maka dari itu dengan kita bisa menyeimbangi kehidupan kita antara dunia dan akhirat, fa insya Allah, Allah akan selalu  memudahkan segala urusan kita, dan kita akan selalu berada di jalan Allah SWT.

Hadirin yang sama-sama dimuliakan Allah SWT

Ada beberapa keutamaan sodaqoh yang ingin khotib sampaikan kepada para jamaah sekalian,semoga dengan kita mengetahui keutamaan keutamaan ini, akan terbesit di dalam diri kita untuk melakukan ibadah sodaqoh.

Keutamaan yang pertama ialah

الصدقة تدفع البلي

Bahwasannya sodaqoh itu bisa mencegah dari yang Namanya musibah,andai kata hari ini kita akan di timpa musibah oleh Allah SWT, dan Ketika itu jga di waktu yang bersamaan kita melakukan sodaqoh ataupun berinfaq kepada orang lain, maka tu musibah yang ingin ditimpa ke kepada kita, Allah batalkan musibah itu. Sungguh istimewanya bersodaqoh, hanya kita mengeluarkan sedikitpun yang kita miliki, kita dapat mencegah musibah yang ingin Allah timpakan kepada kita, maha besar Allah SWT.

 Adapun keutaman selanjutnya ialah kata nabi SAW:

داووا مرضاكم بالصدقة

Yang artinya: obati orang yang sakit di antara kamu dengan bersodaqoh. Diceritakan di dalam suatu kisah datanglah seseorang menjumpai imam Abdurrahman bin Mahdi ahli hadist, lalu orang itu mengatakan kepada imam Abdurrahman bin Mahdi ”wahai imam Abdurahman, lututku ini sudah bernanah tujuh tahun tak sehat sehat, tolonglah aku wahai imam Abdurrahman bin mahdi, lalu Ketika itu imam abdurahman bin mahdi seketika teringat hadist Rasulullah SAW, apa itu hadistnya:

داووا مرضاكم بالصدقة

Yaitu obatilah orang sakit diantara kamu dengan bersodaqoh, lalu Ketika itu imam abdurahman bin mahdi menyuruh orang itu untuk bersodaqoh dengan cara menggali sumur di suatu kampung yang tidak ada sumurnya, singkat cerita setelah digalinya sumur itu, nanah yang ada di lututnya itu langsung menggering dan sehat, apa hubungan sumur dengan lutut bernanah? Ternyata orang kampung  yang telah meminum air sumur yang telah digali oleh orang itu,mereka berdoa, ya Allah, balaslah kebaikan orang yang bersedekah sumur ini, maha besar Allah, tidak ada yang sulit bagi Allah SWT, apabila Allah sudah menghendakinya.

Hadirin yang sama-sama dimuliakan Allah SWT

Keutamaan selanjutnya iyalah, apabila malaikat Isrofil sudah meniupkan trompet sangkakalanya, maka ketika itu pula semua yang ada di alam kubur akan dibangkitkan Allah SWT. Lalu bagaimana kedaaan bumi ini Ketika itu, idazassamaungfatorot, langit akan terbelah, waidzal kawakibung tasarot, dan planet planetpun bertabrakan,wa idzal biharu fujjirot, dan air lautpun bertumpahan kedaratan. Lalu kepada siapakah manusia bernaung? Ketika itu, kullumriin tahtaazil liisodaqotihi, bahwasannya, ketika itu setiap manusia akan bernaung di bawah amalan sodaqohnya, maka dari itu janganlah kita sungkan untuk mengeluarkan walaupun sedikit untuk bersodaqoh, dikarenakan dengan pahala sodaqoh kita, itu bias kita jadikan nauangan di yaumil akhir nanti

Keutamaan selanjutnya ialah, Nabi sallahu alaihi wasallam bersabda:

الصدقة تمنع ميتة السوء

Bahwasannya sodaqoh itu bisa menolak mati suuul khotimah. Jangan bangga dengan dzikirmu, jangan bangga dengan amalmu jangan bangga dengan puasamu, karena kita belum tentu selamat, apabila kita meninggalkan dunia ini dengan suul khotimah, naaudzu billahi min dzalik. Semoga kita semuanya Allah jadikan meninggalnya kita nanti, dalam keadaan husnul khotimah.

Untuk keutaman yang terkahir ialah, nabiyuna Muhammad pernah bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {صَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِىءُ غَضَبَ الرَّبِّ وَصَدَقَةُ العَلاَنِيَةِ جُنَّةٌ مِنَ النَّار}

Yang artinya sedekah secara rahasia, itu bisa meredamkan murkanya Allah dan sedekah secara terang terangan merupakan perisai dari neraka.

Dalam hadits lain juga disebutkan keutamaan sedekah akan didoakan Malaikat

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

 Dari Abu Hurairah radliallahu anhu bahwa Nabi Shallallahualaihiwasallam bersabda: “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) “. (HR. Bukhari)

Hadirin sidang jumat yang sama sama dirahmati Allah SWT

Semoga dengan khutbah jumat ini, kita bisa mengambil hikmahnya dari keutamaan keutamaan sodaqoh, yang dimana sudah dijelaskan bahwasannya amal sodaqoh itu sangat berperan penting, mulai dari kehidupan kita di dunia ini, hingga menuju syurga yang kita harapkan nanti. Semoga Allah menjadikan kita hamba hambanya yang terdapat di jalannya,dan selalu di dalam ridhonya Allah SWT.

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآياَتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. و تقبل الله مني و منكم تلاوته إِنَّهُ هُوَ  التَّوَّابُ الرَّؤُوْفُ

*Disusun dan dikutip dari berbagai sumber

Penulis: Redaksi

Berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berpikiran bebas.
error code: 520