Pramuka

Pondok Modern Al-Ikhlash sejak awal berdirinya mewajibkan santrinya untuk mengikuti gerakan kepramukaan. Paramuka adalah merupakan sarana pendidikan generasi muda yang paling efektif. Oleh sebab itu santri al-Ikhlash harus mengikuti kegiatan ini, bukan saja sebagai peserta didik tapi sampai pada kesiapan menjadi pelatih kepramukaan.

Diwajibkan bagi santri untuk mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) yang merupakan kursus tingkat dasar bagi pembina pramuka. Sehingga lulus dari Al-Ikhlash merekasudah memiliki sertifkat KMD dan bisa menjadi pembina pramuka di daerahnya.

Peserta KMD di Al-Ikhlash

Selain itu para ustadz didorong untuk terus mengikuti kursus-kursus kepramukaan seperti KML (Kursus Mahir Lanjutan) dan KPD (Kursus Pembina Tingkat Dasar). Dengan demikian diharapkan para ustadz siap untuk meenjadi pelatih pada kegiatan-kegiatan KMD dan siap untuk membantu gerakan pramuka di luar pondok jika dibutuhkan.

dalam berbagai kesempatan juga kontingen pramuka Al-Ikhlash mengikuti berbagai kegiatan nasional maupun daerah seperti Jamnas, Jamda, Perkemahan Santri Nasional dan daerah.