Ekstra

Muhadlarah (latihan pidato) merupakan kegiatan wajib seminggu tiga kali; Bahasa Arab setiap hari Kamis siang, bahasa Inggris setiap hari Minggu malam dan bahasa Indonesia setiap Kamis malam.

Olahraga para santri diwajibkan lari pagi seminggu dua kali; hari Jum’at dan hari Selasa. Sebelum lari mereka berlatih muhadasah dalam bahasa Arab atau Inggris sesuai minggu yang ditentukan; minggu Inggris dan minggu Arab. Selain itu juga tersedia olahraga berupa futsal, volly, badminton dan tenis meja. Sepak bola berlatih di lapangan desa Ciawilor dan setiap cabang memiliki club tersendiri.

Kursus-kursus kesenian juga diberikan sesuai dengan minat santri, seperti merangkai janur, kaligrafi, gitar, angklung, calung dan kesenian lainnya, al-ikhlash juga memiliki group band santri dan nasyid serta qasidah.

Keterampilan disalurkan juga melalui kursus seperti mengetik, komputer, sablon dan lainnya. Kursus mengetik sifatnya wajib bagi kelas III dan komputer wajib bagi kelas V, sehingga para santri setamat dari Al-Ikhlash bisa mengetik dengan baik dan bisa menggunakan komputer.

Lomba Nasid antar kelas