Pimpinan Pondok Sampaikan Kuliah Ramadhan Internasional

Al-Ikhlash 13 April 2022 Pimpinan Pondok KH.DR. M. Tata Taufik M.Ag menyampaikan Kuliah Ramadhan di Dunia Internasional.  Kegiatan yang digelar oleh Portal ARID (Arabic Researcher ID) meupakan program kajian Ramadhan yang diikuti oleh para pakar yang berbicara bahasa Arab dari berbagai negara.

Pada kesempatan tersebut Pimpinan Pondok Menyampaikan Presentasinya dengan judul الاستغفار بمفهومه الجديد  berdurasi 1 jam yang berlangsung dari pukul 11-12 PM waktu Makkah 03-04 AM WIB. Meelalui Aplikasi Zoom dengan peserta sebanyak 171 orang.

Melalui peresnatsinya itu pimpinan pondok menyampaikan gagasan tentang perlunya pemahaman istighfar dengan sudut pandang baru; dipandang sebagai usaha perubahan ke arah yang lebih baik. Menurutnya istighfar adalah tindakan untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik berdasarkan pada kesadaran untuk mengakui kesalahan, dilanjutkan dengan tekad untuk berubah dan diikuti dengan taubat. Taubat di sini diartikan penghambilan keputusan untuk berubah; kembali ke jalan kebenaran dan ketaatan kepada Allah SWT.

Penyajian tersebut mendapat respons positif dari peserta dengan harapan bahwa model kajian seperti itu harus terus dikembangkan.