Pendidikan

  • Pendidikan

Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash adalah lembaga pendidikan pondok pesantren yang mementingkan pendidikan dari pada pengajaran, adapun arah dan tujuan pendidikan di pondok ini adalah:

  1. Berkhidmat kepada masyarakat, artinya bahwa pendidikan dan pengajaran di pondok tidak hanya dipersiapkan untuk memasuki perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, akan tetapi selalu mengingat apa yang akan ditemui di masyarakat kelak.
  2. Hidup sederhana, Kehidupan dalam Pondok Pesantren diliputi suasana kesederhanaan, tetapi agung. Sederhana bukan berarti pasif dan bukanlah berarti kemelaratan atau kemiskinan hati, tetapi mengandung unsur kekuatan dan ketabahan hati, penguasaan diri dalam menghadapi perjuangan hidup dengan segala kesulitan. Maka dibalik kesederhanaan itu terpancarlah jiwa besar, berani maju terus dalam menghadapi perjuangan hidup, pantang mundur dalam segala keadaan. Bahkan disinilah hidup tumbuhnya mental/karakter yang kuat, yang menjadi syarat bagi kesuksesannya perjuangan dalam segala kehidupan.
  3. Tidak berpartai, Pengajaran dan pendidikan di Pondok sama sekali tidak ada hubungannya dengan partai atau golongan, bahkan pondok mengajarkan santrinya supaya berfikir bebas, agar menjadi perekat ummat untuk semua golongan.
  4. Tujuan utamanya adalah Ibadah Thalabul Ilmi, artinya kedatangan santri di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash hanya memiliki satu tujuan yaitu “Ibadah Thalabul ‘Ilmi” dengan memenuhi perintah agama.

Tingkat PendidikandanPengajaran

  1. Tingkat pendidikan sederajat SMP & SMA
  2. Input yang bisa masuk adalah tamatan SD/MI atau SMP/MTs.
  3. Lama pendidikan 6 tahun untuk tamatan SD/MI, sedangkan untuk tamatan SMP/MTs 4 tahun (dengan program intensif)
  4. Bahasa Arab dan Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar serta komunikasi sehari-hari.

Kurikulum dan Methode Pengajaran

Kurrikulum yang diterapkan di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash adalah kurrikulum KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur dan Kurrikulum yang dikembangkan sendiri oleh PP Modern Al-Ikhlash. Dan methode pengajarannya adalah methode pengajaran modern, terutama dalam pengajaran bahasa asing.

error code: 520