Ponpes Al-Ikhlash Adakan Lomba Pramuka Penggalang dan Penegak (LP3)

Ponpes Al-Ikhlash Adakan Lomba Pramuka Penggalang dan Penegak (LP3)
Ponpes Al-Ikhlash Adakan Lomba Pramuka Penggalang dan Penegak (LP3)

Al-Ikhlash. Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash adakan Lomba Pramuka Penggalang dan Penegak (LP3), acara tersebut diadakan oleh Dewan Kerja Gusus Depan Ponpes Modern Al-Ikhlash (DK-DEP 10-143/10-144) acara ini berlangsung selama tiga hari, pada hari Senin-Kamis 18-21 Oktober 2021 bertempat di tanah wakaf milik Pondok Al-Ikhlash.

LP3 merupakan salah satu program kerja Dewan Kerja Gugus Depan (DK-DEP 10-143/10-144) yang mana LP3 ini diadakan setiap dua tahun sekali, acara dimulai dengan upacara pembukaan pada Senin (18/10) pukul 08.00 di tanah wakaf pondok, dan diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash, turut hadir juga seluruh jajaran dewan guru dan pengurus pondok dan dewan masyaikh Al-Ustadz Suherman, S.Ag, Al-Ustadz Diding Mujahidin, MA, Al-Ustadz As-Syifa, MA dan Al-Ustadz Dedi Ahmad Junaedi, A.Md.

Lomba LP3 ini diikuti oleh para santri-santriwati dari kelas 1 TMI sampai kelas 5 TMI yang terbagi dari 8 regu dan setiap regu terdiri 45-50 santri/i. Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik para santri khususnya dalam pramuka agar melatih jiwa pramuka yang tangguh sebagaimana yang tertuang dalam Dasa Dharma Pramuka.

Ustadz Asy-Syifa, MA selaku Pembina upacara pada upacara pembukaan LP3 menyampaikan sambutannya, beliau berkata “Alhamdulillah pada hari ini kita bisa melaksanakan kegiatan ini, yaitu Lomba Pramuka Penggalang dan Penegak (LP3), Pramuka itu berasal dari praja muda karana yaitu pemuda yang berkarya jika anak muda tidak mau berkarya maka jiwanya harus di injeksi dengan jiwa pramuka”. Tutur beliau dalam sambutannya.

Hari kedua diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan, adapun kategori dalam Lomba Pramuka Penggalang dan Penegak (LP3) adalah: Peta-pita, Panorama Sket, LKBB Variasi, LKBB Resmi, Aba-aba Isyarat, Semaphore, Morse, Pionering dan perlombaan lainnya.

Adapun acara puncak, diisi dengan penyalaan api unggun dan Pensi (Pentas Seni). Malam api unggun dimeriahkan dengan pentas seni dari berbagai regu peserta LP3 yang menampilkan berbagai penampilan, seperti Persilash (Persatuan Silat Al-Ikhlash), Puisi beruntun, Stand Up Comedy dan penampilan-penampilan lainnya. Suasana menjadi meriah ketika aneka warna kembang api menyala di angkasa disusul dengan kayu api unggun yang menyala dengan terang ditemani dengan penampilan-penampilan yang menghibur.