Tingkatkan Wawasan dan Keilmuan Santri, Al-Ikhlash Gelar Webinar Internasional

Santri pondok pesantren modern Al-Ikhlash mengikuti serentetan kuliah umum dalam Webinar Internasional melalui aplikasi daring yang berlangsung selama dua hari pada 7 dan 8 Juli 2021. Dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kuliah umum tersebut para santri menyimak pemaparan dari pemateri yang berasal dari Australia, Irak, Arab Saudi, dan Al Jazair. Selain itu mereka juga menyampaikan pertanyaan-pertanyaan dengan antusias kepada masing-masing pemateri dan dijawab oleh para pemateri secara hangat.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan Darul Fatwa Australia dan beberapa lembaga pendidikan luar negeri lainnya.

Pembicara yang mengisi acara tersebut adalah Syeikh Dr. Salim ‘Alwaan Sekjen Darul Fatwa Australia dengan judul “Pemuda dan Ajaran Islam: Tantangan dan Pengaplikasiannya” disampaikan dengan bahasa Arab, Dr. Ibrahim Syafie dengan topik “Pentingnya Akhlak bagi Generasi Muda”

Mr. Ziad El-Daoud dengan topik “The Role of Scout Movement in The Growth of Muslim Youth”. Sedangkan pembicara lainnya berasal dari Arab Saudi Ustadzah Noor Ahmad Fuad Sabano dengan topik “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab bagi Penutur Asing dan Cara Mengatasinya”.

Dilanjutkan oleh Prof. Yaminah Labidi dari Al Jazair dengan tema mengenai kesadaran pemuda tentang penyakit sosial masyarakat. Dan pembicara terakhir Dr. Toha Ahmad Zaidi dari Baghdad dengan judul “Al-Madkhol Ilaa Tafsiir al-I’laamiy”.

Selain antusiasme para santri, komentar positif juga dilontarkan oleh para pemateri di antaranya Syekh Dr. Ibrahim Syafi’ie yang merasa kagum dengan pertanyaan-pertanyaan kritis para santri yang notabene masih dalam usia sekolah menengah.

Komentar dan harapan positif juga diungkapkan oleh Syeikh Dr. Toha Ahmad Zaidi, yang dalam pesan singkatnya mengatakan bahwa beliau sangat bahagia bisa bertemu dan terhubung dengan generasi-generasi pilihan yang menjanjikan (Nukhbah al Wa’idah) di bawah naungan pendidikan Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash.

Kegiatan ilmiah dengan menghadirkan pembicara atau penutur asli dalam bahasa Arab dan Inggris adalah salah satu sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash. Selain itu kegiatan tersebut juga dalam rangka menguatkan relasi dan kerja sama internasional lembaga sebagai langkah strategis pondok yang berlokasi di desa Ciawilor Ciawigebang Kuningan Jawa Barat.