Kuliah Umum Babak I-III Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash

Kuliah Umum Babak I-III Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash

Al-Ikhlash. Setelah menggelar Upacara Apel Tahunan Khutbatu-l A’rsy pada hari Rabu 28 Juli 2021,  malam harinya Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash melanjutkan acara berikutnya yaitu Kuliah Umum tentang Pondok Pesantren babak I-III Rabu 28-29 Juli 2021.

Acara ini diisi langsung oleh Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Al-Ustadz Dr. H. M Tata Taufik M.Ag. Acara ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan An-Nur, selain itu Kuliah Umum ini dihadiri oleh Bapak Direktur TMI Al-Ustadz Suherman, S.Ag, Wakil Direktur TMI Al-Ustadz Diding Mujahidin, M.A para Asatidz wal Ustadzaat serta diikuti oleh seluruh siswa-siswi TMI.

Kuliah Umum ini selain merupakan sunnah Pondok Pesantren juga merupakan salah satu acara terpenting dalam rentetan Khutbatul ‘Arsy.  Yang mana di dalamnya dijelaskan mengenai seluk-beluk Pondok secara umum dan menyeluruh. Oleh karena itu seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash juga para santri-santriwatinya wajib mengikuti acara tersebut agar tidak salah pengertian dalam menilai dan memahami Pondok Pesantren khususnya santri baru, yang baru masuk Pondok Pesantren.

Acara ini dibagi menjadi tiga babak, dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis 28-29 Juli 2021 pagi dan malam. Babak I diisi oleh Bapak Pimpinan Pondok Al-Ustadz Dr. H. M Tata Taufik M.Ag, beliau banyak sekali menyampaikan penjelasan mengenai hal-hal yang ada di Pondok Pesntren. Dalam pidatonya beliau mengatakan “Acara ini sangat penting karna dari acara ini kalian bisa paham pondok, supaya tidak salah pengertian, sebelum berkecimpung dalam kehidupan Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash kalian harus benar-benar paham: Apa itu Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash? Siapa yang punya? Amanat dari siapa? Apa saja isinya? Adanya perkenalan ini berdasarkan atas pengalaman bahwa banyak orang salah pandangan terhadap Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash sehingga berakibat salah paham yang mendalam dan meluas, serta berakhir dengan penyesalan sendiri.” Tutur beliau dalam pidatonya.

Kuliah Umum Babak I-III Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash

Kemudian babak II diisi oleh Al-Ustadz Diding Mujahidin, M.A selaku Wakil Direktur TMI. Belaiu melanjutkan penjelasan Kuliah Umum tentang Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash.  Beliau menyampaikan pidatonya “Bahwa Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash itu lebih mementingkan pendidikan dari pada pengajaran. Karna arah tujuan pendidikan di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash ini adalah berkhidmat kepada masyarakat, hidup sederhana, tidak berpartai dan tujuan pokoknya adalah Ibadah Thalabul Ilmi.” Beliau juga menambahkan “Di Pondok ini banyak sekali kegiatan dan itu semuanya merupakan pendidikan.” Tutur beliau.

Dan babak terakhir diisi oleh Al-Ustadz Muhsin Arafat, S.H.I selaku Staf Pengasuhan Santri. Dalam pidatonya beliau menyampaikan “Apa yang dicari di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash ini? Perlu dipahami oleh santri, bahkan tiap santri harus senantiasa bertanya pada diri sendiri. Aku datang ke Pondok mencari apa? Untuk apa? Apa mencari enaknya saja? Atau hanya mencari teman saja? Kalau datang kesini hanya untuk mencari teman, mencari keraamaian, disini bukan tempatnya. Kalau kalian datang ke Pondok ini semata-mata untuk mencari ilmu dan pendidikan nah inilah jawaban yang tepat.” Tutur beliau.

Kemudian keesokan harinya Kuliah Umum ini kembali dilanjutkan di kelas dengan diisi oleh para wali kelasnya masing-masing.