Selamat Berlibur

1 Juanuari  merupakan tanggal yang ditunggu-tunggu oleh santri Al-Ikhlash,bukan karena latah ikut menyongsong tahun baruan, tapi karena tanggal tersebut setiap tahunnya ditetapkan sebagai awal liburan semester I di pondok. Begi halnya dengan 1 Januari 2021, para santri akan memulai liburan mereka, tidak ada diskusi tentang malam tahun baru, diperingati atau tidak, sebab setip tanggal 31 Desember malam harinya mereka mengikuti acara wejangan menjelang liburan dan pengarahan pembagian lapor yang disampaikan oleh pimpinan pondok di Aula.

Suasana menjelang liburan biasanya ditandai dengan semangat dan kegembiran para santri, mereka mengikuti berbagai acara dengan antusias, mulai dari cara mereka membaca al-Qur’an, mengucapkan amin saat berdoa dan lainnya semua tampak terihat begitu bersemangat.

Diantara rentetan persiapan liburan tahun ini didahului dengan Silaturahmi Wali Santri Baru secara virtual melalui aplikasi online, yang diikuti oleh 80% dari wali santri baru dengan sangat antusias. Acara ini biasanya digelar pada saat kedatangan santri baru ke pondok. Karena proses pendaftaran tahun ini berbeda, demikian juga halnya dengan proses kedatangan santri ke pondok yang berbeda sejalan dengan protokol yang diterapkan di pondok, maka acara silaturahmi pun diakhirkan ke akhir semester  dengan cara yang berbeda pula; online.

Pada acara ini pimpinan pondok menyampaikan beberapa informasi pondok seperti KBM, kegiatan harian dan perkembangan pondok selama ini, setelah itu disampaikan juga beberapa teknis penjemputan santri pada awalliburan dengan protokol yang berlaku.

Sementara  dalam wejangan menjelang liburan beberapa pesan disampaikan oleh bapak pimpinan anatar lain tentang cara berlibur yang baik, sosialisasi prokes yang berlaku selama masa pandemi, dan cara mengisi kekosongan. Selamat berlibur, semoga sehat, lancar selamat.