Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mondok di Pesantren

Pondok Pesantren merupakan sebuah institusi pendidikan keagamaan paling  tua  yang tumbuh secara swadaya dan berkembang dikalangan masyarakat islam, di Indonesia. Pola pendidikan Pondok Pesantren menekankan nilai dari kesederhanaan, keikhlashan, kemandirian dan pengendalian diri.

Tujuan umum pondok pesantren adalah membina warga negara agar berkepribadian muslim sesuai dengan ajaran islam dan menanamkan rasa keagamaan tersebut pada semua kehidupannya dan menjadikan sebagai orang berguna bagi agama, masyrakat dan negara.

Diantara perbedaan yang dimiliki pondok pesantren, adalah para santri/siswa bermuqim di pondok pesantren, maka banyak wali santri yang bertanya, barang bawaan yang perlu dan boleh dibawa  oleh santri ketika masa belajar di Pondok Pesantren Al-Ikhlash Ciawilor, mengingat pondok pesantren adalah rumah barunya untuk belajar dan beraktivitas.

Oleh karenanya, demi menunjang kegiatan atau seluruh aktivitas tersebut. Ada beberapa persiapan atau barang-barang yang harus dibawa dari rumah ke Pondok Pesantren. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperlukan:

PERSIAPAN NON-FISIK

Sebelum masuk ke Ponpes, Persiapan mental juga perlu dipersiapkan, baik mental anak maupun orang tua. Niatkan dengan niatkan yang baik,  ketika akan berangkat ke Ponpes dengan niatan untuk menimba ilmu atau menuntut ilmu serta mengenyam pendidikan, menggapai ridho Allah SWT, menghilangkan kebodohan supaya selamat dunia dan akherat.

Orang tua harus siap berpisah dengan anaknya untuk sementara waktu. Seperti apa yang disampaikan KH. Hasan Abdullah Sahal Pimpinan Pondok Modern Gontor: “Kalau mau punya anak bermental kuat, orang tuanya harus lebih kuat, punya anak itu bukan hanya sekedar sholeh tapi harus bermanfaat untuk umat, orangtua harus berjuang lebih ikhlas. Ikhlas..ikhlas, lebih baik kamu menangis karena berpisah SEMENTARA dengan anakmu untuk menuntut ilmu agama daripada kamu nanti udah tua nangis karena anak-anak mu lalai urusan akherat”

Orang tua dan anak juga harus saling bersinergi karena kesuksesan seorang anak tidak pernah lepas daripada do’a dan perjuangan orang tuanya. Orang tua selalu mendoakan anaknya yang sedang menuntut ilmu, demikian pula seorang anak harus selalu mendoakan orang tuanya.

PERSIAPAN FISIK

Persiapan fisik meliputi kondisi tubuh dan hal-hal yang perlu dan boleh dibawa saat masuk Pondok:

  • Al-qur’an dan alat tulis

Santri membawa Al-Quran yang berukuran besar (wajib). Diperbolehkan membawa Al-Qur’an terjemah dan juz ‘Amma. Santri membawa alat tulis yang diperlukan seperti buku tulis, pulpen, pensil, penggaris, penghapus dan alat-alat tulis penunjang kegiatan belajar lainnya.

  • Perlengkapan Shalat

Meliputi baju koko atau kemeja polos, sarung, ikat pinggang, kopiah nasional hitam tidak bermotif (wajib) dan sajadah (lebar maks 50cm), sandal. Bagi santriwati membawa mukena putih. Bawa perlengkapan shalat secukupnya.

  • Pakaian sehari-hari

Putra

Pakaian/seragam terbagi untuk kegiatan masuk kelas; baju panjang putih (bebas) dan celana hitam maksimal 3 stel. Seragam pramuka dan pakaian untuk ibadah di masjid. Serta pakaian lainnya dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kaos dan kemeja polos warna tidak mencolok;
  • Celana training dan celana bahan warna bebas bentuk standar;
  • Tidak bergambar dan bertulisan besar yang kurang mendidik;
  • Tidak bernuansa ormas, partai, atau kelompok tertentu;
  • Tidak berbahan levis & Jin.

Putri

Baju bebas maksimal 4 stel, dengan ketentuan:

  • Gamis atau potongan panjang dengan warna tidak mencolok;
  • Tidak ketat sehingga menampakkan lekuk tubuh;
  • Tidak bertali;
  • Tidak transparan;
  • Tidak bernuansa ormas, partai atau kelompok tertentu;
  • Tidak berbahan levis, jeans, dan kaos;
  • Kerudung blus lebar dengan warna tidak mencolok.
  • Perlengkapan mandi dan mencuci

Ember, deterjen, sabun, shampo, handuk, sikat gigi, sikat baju, hangger/gantungan baju, dan lainnya.

  • Perlengkapan Tidur

Bantal, sarung  bantal, sprei dan selimut (tidak perlu membawa alas tidur, karena kasur sudah disediakan pesantren). Bagi santri putri mempersiapkan baju tidur 2 atau 3 stel (celana tidur wajib panjang). Lotion anti-nyamuk (bila perlu).

  • Perlengkapan Makan

Piring, gelas, sendok, botol minum (hendaknya menggunakan barang yang tidak mudah pecah).

  • Perlengkapan Masuk Kelas

Perlengkapan masuk kelas terdiri dari alat tulis (Buku tulis dan pulpen), buku pelajaran (sudah disediakan dari pesantren), sepatu pantopel berwara hitam untuk masuk kelas dan sepatu sport untuk pramuka & olah raga, kaos kaki polos, seragam resmi hitam putih, untuk santriwati kerudung panjang putih, kemeja putih panjang, rok hitam sepatu pantopel hitam.

  • Obat khusus

Bagi calon santri yang memiliki riwayat penyakit tertentu, hendaknya membawa perlengkapan obat khusus untuk penyakitnya.

  • Lainnya

Bagi santri putra disarankan memiliki jas hitam, dan membawa payung jika sedang dalam musim hujan. Seluruh perlengkapan yang diperlukan bisa juga didapatkan di koprasi pelajar pondok selama barang masih tersedia.

PERLENGKAPAN (ALAT) YANG DILARANG DI PONDOK

Kepada seluruh santri tidak diperkenakan membawa dan memiliki:

  1. Alat Elektronik (kecuali senter), dan alat komunikasi dalam bentuk apapun;
  2. Ikat pinggang yang tidak sesuai dengan lingkungan pendidikan;
  3. Senjata tajam;
  4. Baju bernuansa partai atau kelompok tertentu;
  5. Baju bergambar/bertulisan tidak mendidik;
  6. Jaket bertundung/tutup kepala;
  7. Penutup kepala dalam bentuk apapun (untuk putra), kecuak peci hitam nasional;
  8. Perhiasan atau aksesoris (kecuali anting untuk santri putri).