Pengarahan Pengajar Sore

Program pendidikan di Al-Ikhlash senantiasa mengedepankan pendidikan dari pada pengajaran, dalam rangka mendidik santri-santrinya dalam berbagai kecakapan, pondok memberikan kesempatan kepada santri kelas V TMI untuk ikut serta membantu mengajar pelajaran tambahan di sore hari.

Pembekalan Pengajar Sore

Pemberian kesempatan tersebut sebagai bentuk pendidikan dan pemantapan atas pelajaran-pelajaran yang telah diterima oleh santri kelas V sebelumnya, dengan motto; hakikat mengajar adalah belajar. jadi penugasan para santri untuk mengajar adalah juga berarti pemberian kesempatan untuk belajar dan mendalami ilmu yang telah didapat pada kelas-kelas sebelumnya.

Selain itu kepada para santri juga telah dibekali ilmu mendidik dan mengajar, prinsip-prinsip dasar pendidikan dan bagaimana cara mengajar yang baik serta langkah-langkahnya telah diberikan sejak kelas III TMI dengan materi Tarbiyah wa Ta’lim. Sehingga penugasan mengajar itu menjadi semacam prakti dari teori yang telah mereka pelajari sekaligus juga merupakan latihan untuk terbiasa mebuat lesson plan.

Sebelum para santri ditugaskan membantu mengajar terlebih dahulu diawali dengan pembekalan para pengajar pelajaran sore oleh Pimpinan Pondok. Pengajar sore terdiri dari para ustdaz pengabdian dan santri kelas V TMI sesuai dengan tingkatan kerlas yang diajar.