Ka Pusdiklatnas Hadiri KMD Angkatan XI di Al-Ikhlash Kuningan

Kuningan. Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash kembali menggelar KMD (Kursus Mahir Tingkat Dasar) angkatan XI, dimana program ini selain merupakan agenda pondok juga merupakan program yang sangat penting guna untuk meningkatkan kwalitas dan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis melalui kepramukaan. Jum’at, 03 Januari 2019.

Sekitar 153 peserta yang mengikuti KMD (Kursus Mahir Tingkat Dasar) dengan perincian daerah asal peserta: kuningan 60 orang, Cirebon 23 orang, Jakarta 12 orang, sumedang dan bandung 6 orang, garut 3 orang, bogor, banyumas, bekasi, Bengkulu, dan karawang, tangerang 1 orang, banten dan sukabumi 2 0rang, ,indramayu 3 orang, majalengka, dan brebes 5 orang. Kemudian terdapat beberapa peserta dari gudep yang berbeda dari kwarcab kuningan diantaranya ialah pesantren pembangunan 10 orang, MTs Al-Falah dan SMP Yos Sudarso 2 orang, SMP It Al-Multazam, SDN Ciwaru, MAN 3 Luragung 1 orang.

Pagi tadi tepat pukul 08:00 para peserta KMD (Kursus Mahir Tingkat Dasar) berkumpul di gedung pertemuan An-nur guna untuk menghadiri pembukaan KMD (Kursus Mahir Tingkat Dasar). Acara ini dihadiri oleh Mabigus Dr. H M Tata Taufik, M.Ag, Wakabinawasa Kak Maman R, S.Pd, M.Pd, MG dan juga dihadiri oleh Pusdiklatnas Dr. Joko Murshito, M.Sc serta para jajaran pelatih KMD (Kursus Mahir Tingkat Dasar).

Acara di mulai dengan penampilan tim Angklung Al-Ikhlash, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Satya Darma Pramuka, sambutan dari Kak Mabigus, Kak Pusdiklatnas, juga Wakabinawasa sekaligus membuka secara resmi Kursus Mahir Tingkat Dasar ini.

Dr. H M Tata Taufik, M.Ag. selaku Kak Mabigus menyampaikan sambutannya, beliau berkata  “Alhamdulillah sudah 11 angkatan ini sudah mencapai sekitar 1200 lulusan KMD dari al-ikhlash, dan mereka sudah menyebar diberbagai wilayah, Alhamdulillah ini berkat doa dan dukungan kakak di kwarcab dan para pelatih, dan ini adalah misi kita untuk menyiapkan generasi kedepan dan juga untuk membangun masa depan”. Tutur beliau.

Kemudian dilanjut dengan sambutan dan membuka secara resmi Kursus Mahir Tingkat oleh Wakabinawasa, Kak Maman R, S.Pd, M.Pd mengatakan “satu kata untuk Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash mantap dan the best, mengapa saya mengatakan demikian karna satu-satunya pondok pesantren di kabupaten kuningan yang rutin menyelenggarakan acara KMD ini, ini merupakan kebanggaan khususnya di kabupaten kuningan karna pondok ini sudah mempersiapkan kader-kader sebagai calon Pembina pramuka sehingga ketika kakak meninggalkan pondok dan masukkepada ujian Negara kakak sudah dibekali dengan ilmu kepramukaan. Dan juga bangga pada acara ini di hadiri langsung oleh kak Pusdiklatnas”. Tutur Kak Maman

Dalam acara ini Pusdiklatnas Dr. Joko Murshito, M.Sc juga menyampaikan sambutannya, beliau berkata “saya ucapkan terima kasih kepada gerakan pramuka Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash karna sudah 11 kali melaksanakan kursus mahir tingkat dasar artinya sudah sekitar 1000 orang di cetak oleh Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash menjadi seorang Pembina  mahir.” Tutur beliau yang akrab di panggil kak joko.

dengan harapan Kak joko para peserta KMD ini dapat menyerap semua ilmu-ilmu yang sudah di berikan oleh para pelatih, juga dapat menambah wawasan para peserta dalam kepramukaan ini.

Acara ditutup dengan do’a oleh sesepuh pondok Bapak KH. Apandi, S.Pd.I dan poto bersama para pelatih Kursus Mahir Tingkat Dasar bersama Kak Pusdiklatnas.