Daurah Dai dan Imamah di Mesir

Dalam rangka peningkatan dan penguatan wawasan keilmuan Islam (Dirosah Islamiyah). Pondok Modern Al Ikhlash Kuningan yang bekerja sama dengan Pondok Darunajah Jakarta kembali mengirimkan  guru (ustadz) untuk mengikuti Pelatihan Da’i dan Imamah di Universitas Al-Azhar Asy-Syarif, Cairo, Mesir.

Oon Sukron, S.Pd I, salah satu Ustadz di Pondok Modern Al Ikhlash Kuningan Jawa Barat diutus untuk mengikuti  Daurah Tadrib al-Duat wa al-Aimmah (Pelatihan Da’i dan Imam) yang berlangsung di Mujamma’ al-Buhuts al-Islamiyah, Universitas Al-Azhar Asy-Syarif, Cairo, Mesir Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 bulan, mulai tanggal 1 Januari 2020 sampai dengan 29 februari 2020.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Universitas Al-Azhar Asy-Syarif ini diikuti oleh para peserta dari berbagai negara. Ada dari Negeria, Kazakhtan, India,Burma,Somalia,  Malaysia, Rusia, Sudan, dll. Dari Indonesia sendiri, selain ustadz  Oon Sukron  ada empat  peserta lainnya yang merupakan utusan dari lembaga di Indonesia, yaitu ; Ustadz Nurohman dari Pesantren Mawaridusalam Medan, Ustadz saeful Amar dari UIN Walisongo Semarang, ustadz Abdilah Syarifudin Univesitas Muhamadiyah Makasar dan Ustadz Fahru Roji dari Aceh

Para peserta daurah dari indonesia  tiba di Kairo Mesir pada hari kamis, tanggal 2 Januari 2020 pukul 02 .00 waktu kairo. Pesrta dijemput oleh teman-teman Ikatan Keluarga  Pondok  Modern Al Ikhlash ( Akh Malik, fahmi, Saeful Millah dkk ).

Informasi dari mahasiswa (Alumni Al Ikhlash) yang sedang menempuh pendidikan di Mesir, bahwa musim dingin baru saja dimulai, suhu di malam hari bisa mencapai 8-16°C. Tentu bagi peserta daurah yang baru pertama kali mengunjungi Mesir, cukup mengagetkan. Tapi al hamdulillah sambil perlahan  pesrta dapat beradaptasi dengan Iklim baru dan dalam keadaan sehat.. Peserta daurah dari Indonesia ini, ditempatkan di Madinatul Bu’uts al-Islamiyah di Imaroh Jadidah Syekh Muhammad Abduh.

Kegiatan  dauroh  diadakan setiap hari kecuali hari jum’at. Pukul 08.00 waktu kairo  para  peserta sudah siap untuk menerima materi dari para masyayikh al Azhar atau dosen dan diakhiri kegiatan pada pukul 15.00 waktu Kairo. Materi yang diberikan dalam pelatihan Da’i dan Imam ini, terdiri dari  5 cabang ilmu yaitu : Ilmu syariah,Usuludin, Al qur’an, Hadoroh islamiyah dan bahasa arab. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ilmiah dan amaliyah para peserta dalam memecahkan masalah kontemporer masa kini, juga mempersiapkan Imam dan Da’i untuk berdakwah di kancah Internasional serta menjadi Duta-duta Al-Azhar dalam menpromosikan Wasathiyah Islam. ( Syukron )