Pengarahan Imam dan Khutbah Kelas VI TMI

16 September 2019 lalu santri kelas VI TMI Al-Ikhlash mengikuti pengarahan Imamah dan Khitabah. Program ini dirancang khusus untuk santri kelas VI guna mencapai standar kelulusan santri al-Ikhlash yaitu cakap menjadi imam dan khatib jum’at.

Program diawali dengan pengarahan oleh bapak pimpinan DR. M. Tata Taufik, dilanjutkan dengan persiapan yang dilakukan oleh santri dengan membaca ulang (tajadud) bacaan al-Qur’an serta hafalannya, setelah mereka siap masing-masing meminta diuji kepada musyrif yang ditunjuk, jika mereka dinyatakan lulus, maka berhak menjadi imam di mesjid pondok.

Sedangkan khitabah kepada santri diminta untuk menuliskan teks khutbah dalam bahada Arab dan bahasa Indonesia, setelah naskah teks dikoreksi akhirnya kepada mereka diberi kesempatan untuk khutbah setelah melalui dua seleksi; pertama diseleksi oleh ustadz yang ditunjuk sebagai penyeleksi yaitu ust Diding Mujahidin MA, lalu sebelum menjadi khatib harus menghadap pimpinan pondok untuk membacakan khutbah di hadapannya. Jika dinyatakan lulus, maka santri baru diperbolehkan menjadi khatib.