PP Bina Madani Bogor Study Banding ke Al-Ikhlash

Pimpinan dan asatidz Pesantren Tahfidz Bina Madani Bogor dan Magelang kunjungi Al-Ikhlash, kunjungan yang dilaksaakan tanggal 14 Agustus 2019 lalu itu diikuti oleh 35 asatidz dan ustadah dari cabang Bogor dan Magelang.

Dalam sambutan perkenalannya KH Masrur Syamhari selaku pimpinan menyampaikan bahwa maksud kedatangannya adalah untuk silaturahmi dan menimba ilmu kepesantrenan, terutama menyangkut program mu’adalah. Menurutnya pesantren Bina Madani termasuk pesantren yang menyelenggarakan pendidikan al-Qur’an dan Tahfidz dan sejalan dengan sistem pembelajaran Drirasah Islamiyah dengan pola mu’alimin. Untuk itu beliau berencana akan mengajukan izin penyelenggaraan mu’adalah.

Selain tentang mu’adalah juga rombongan melihat model pengelolaan dapur pesantren, karena di pesantren al-Ikhlash tenaga pemasaknya sudah melangkah pada model pengelolaan yang lebih baik.

Para Asatidz PP Bina Madani bersama Pimpinan PP Al-Ikhlash

Sementara pimpinan al-Ikhlash Dr. M. Tata Taufik menyampaikan beberapa hal terkait mu’adalah dan model pengembangan pesantren ke depan. Menurutnya pesantren ke depan harus lebih inovatif, terutama berkaitan dengan pengembangan kerjasama antar lembaga baik dalam maupun luar negeri, media poesantren, serta peningkatan kebersihan lingkungan pesantren terutama di bidang sanitasi dan dapur.