Tingkatkan Semangat dan Kreativitas Pramuka Melalui PKL

M. D. Prayitno

Al-Ikhlash, Kuningan. Praktek Kerja Lapangan (PKL) kali ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 4 TMI dengan menampilkan dan mempraktekan karya mereka didepan andika dan adinda pramuka.

Acara yang diselenggarakan oleh Andalan Koordinator Urusan Latihan ( ANKULAT) Gerakan Pramuka Al-Ikhlash ini berlangsung empat minggu mulai dari Kamis, 8 s/d 29 Maret 2018.

Yang unik dari Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash adalah kretivitas seni dan kreasi santri untuk dikembangkan dan dipraktekan didepan seluruh andika pramuka dari kelas 1-3 TMI.

Pada kegiatan ini seluruh siswa-siswi kelas 4 menampilkan karyanya masing-masing mulai dari kesenian tangan, kalighrafi, daur ulang barang bekas, bahkan makanan yang aneh sekalipun mereka tampilkan dan praktekkan.

Kak. Muhammad Dwiki Prayitno selaku ketua Koordinator menuturkan bahwa “Tujuan di adakannya PKL praktek kerja lapangan ini selain dari agenda tahunan koordinator gerakan pramuka juga untuk meniungkatkan mutu dan kualitas santri bahwa bukan hanya mengaji tapi santri juga mampu berkreasi dan ingin menunjukan bahwa pramuka pesantren bukan hanya materi kepramukaan yang harus dimiliki tapi mental dan skill juga harus di dapatkan” tuturnya.

Selain itu Kak. Suhendi, S.Pd.I selaku Kak Mabikori juga menambahkan “ini adalah unit pembelajaran bagi siswa kelas 4 bertujuan untuk mendidik biar siswa mampu berkreasi dan meluapkan kreasi, seni dan segalanya yang mereka miliki. Tetaplah berkreasi!” tutur Mabikori dalam pelaksanaan PKL pertama.