Al-Ikhlash Utus Admin Website Ikuti Cyber Skill Training

Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash utus admin website untuk ikuti pelatihan Cyber Skill gelombang pertama di Pondok Pesantren Daarunnajah Ulujami Jakarta selama tiga hari pada tanggal 25 sampai 27 Februari 2018.

Acara yang diadakan oleh Pondok Pesantren Daarunnajah dalam rangka mengoptimalkan kekuatan dan eksistensi pondok pesantren alumni Gontor khususnya di dunia digital. Mengingat perkembangan teknologi begitu cepat maka pondok pesantren mesti mampu beradaptasi dengan kondisi tersebut yang salah satunya melalui pengoptimalan website pesantren sebagai media dakwah.

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Dr. KH. M. Tata Taufik, yang berkesempatan menyampaikan materi pembuka bertemakan membangun komunikasi positif menyampaikan bahwa sekarang sudah bukan saatnya pesantren dipermainkan oleh konten-konten media yang mendiskreditkan umat Islam, “Kita (pesantren-red) harus menjadi pemain, bukan yang terus dipermainkan!” tegas beliau.

Pondok Pesantren juga mesti menjadi produksi berita bukan hanya mengonsumsi berita maka untuk itu pesantren mesti memuat berita-berita tentang kegiatan dan keunggulannya agar terpublikasi secara luas.

Kebebasan pers dalam Islam sebagaimana ungkap beliau adalah dengan covering news, mengcover berita dalam artian termasuk kebebasan untuk tidak memberitakan berita-berita negatif.

Pelatihan tersebut juga diisi dengan materi-materi seperti public relationship, cinematography, strobist photography, sistem publikasi pesantren, cyber control, internet marketing, serta strategi pemberitaan di era digital yang disampaikan oleh para pemateri professional.

Acara yang berakhir pada hari Selasa sore, 27 Februari 2018 ditutup oleh pimpinan Pondok Pesantren Daarunnajah dan pemberian sertifikat serta sesi foto bersama. Di sisi lain acara ini juga merupakan ajang silaturahim para peserta yang diutus dari beberapa pesantren se-Indonesia.