Sudium General Bersama Prof Dr. As-Said Muhammad Muhammad Ali dari Al-Azhar

Penyerahan Cinderamata oleh Pimpinan Pondok

Acara tersebut diikuti oleh sejumlah pimpinan pesantren di Kab Kuningan, juga diikuti oleh seluruh santri al-Ikhlash. Usai sosialisasi dilanjutkan dengan Kuliah Umum Tentang Metode Penyiapan Generasi Muda Masa Depan Dalam Kontek Globalisasi yang disampaikan oleh Prof. Dr. As-Saaid Muhammad Muhammad Ali Al-Husaini Guru Besar Universitas Al-Azhar Cairo Mesir.

Menurutnya masalah yang dihadapi itu generasi itu ke depan akan lebih kompleks terlebih memasuki era global yang membuat dunia menjadi semacam kampung kecil yang memungkinkan penduduknya bisa saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya tanpa sekat teritorial. Yang harus diperhatikan adalah melakukan sesuatu –saat ini– agar generasi ke depan bisa menjalani kehidupan yang lebih baik pada masanya. Beliau mengutif perkataan Ali ra ” ajarilah anak-anak kamu karena mereka diciptakan bukan untuk jamanmu.”

Kuliah umum tersebut disampaikan dalam bahasa Arab yang disambut gembira oleh para santri, mereka bisa berinterkasi dengan baik, bahkan di akhir sesi dibuka tanya jawab para santri langsung menyambutnya, ada beberapa penanya dari para santri maupun peserta. Hal ini menambah semangatnara sumber dalam menyampaikan pemikirannya.